7 Ikan yang Bisa Meningkatkan Kecerdasan Otak Anak - xwijaya

Tidak menemukan artikel? cari disini



7 Ikan yang Bisa Meningkatkan Kecerdasan Otak Anak

7 Ikan yang Bisa Meningkatkan Kecerdasan Otak Anak
Foto Ilustrasi sumber: paktanidigital.com

Manfaat Konsumsi Ikan Dalam Meningkatkan Kecerdasan Otak Anak


Ada banyak cara untuk meningkatkan kecerdasan otak anak, salah satunya dengan konsumsi ikan yang mengandung omega-3. Sebuah penelitian dalam jurnal Scientific Reports pada tahun 2018 menemukan bahwa anak-anak yang makan ikan sebanyak satu kali atau lebih dalam seminggu memiliki tidur yang lebih nyenyak dan rata-rata mendapat skor IQ yang lebih tinggi dibandingkan anak-anak yang tidak makan ikan atau melakukannya kurang dari sekali seminggu.


Ikan yang Bagus untuk Kecerdasan Otak Anak


Ikan salmon dikenal kaya akan nutrisi yang baik untuk pertumbuhan dan kecerdasan otak. Kandungan Omega-3 pada ikan salmon mampu meningkatkan daya ingat dan kemampuan kognitif. Tidak hanya itu, ikan salmon juga mengandung vitamin B6, B12, niacin, zinc, dan zat besi yang penting untuk menutrisi otak. Anda bisa memasukkan ikan salmon ke dalam menu makanan sehari-hari, seperti mengukus bersama sayuran, membuat sup salmon, dan lain sebagainya.


Ikan kembung juga memiliki manfaat yang mirip dengan salmon. Ikan ini mengandung banyak asam lemak omega-3, protein, dan berbagai vitamin seperti vitamin B1, B2, B3, B6, B12, dan D yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, ikan kembung juga bagus untuk kecerdasan otak anak karena tinggi kandungan omega-3-nya.


Sarden juga merupakan pilihan yang baik, mengingat kandungan omega-3 pada sarden sangat tinggi. Sarden mengandung banyak vitamin B12, vitamin D, dan selenium yang penting untuk kecukupan gizi harian anak. Anda bisa mencoba mengonsumsi sarden yang dikeringkan atau sarden kalengan.


Ikan tuna juga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk meningkatkan kecerdasan otak anak. Omega-3, vitamin B6, fosfor, kalium, dan magnesium yang terdapat dalam ikan tuna dapat berperan dalam mengoptimalkan perkembangan otak anak. Anda bisa mulai mengenalkan ikan tuna saat anak memulai MPASI atau mengolahnya menjadi hidangan yang lebih lezat seperti tuna asam manis atau campuran sandwich.


Ikan cakalang dan ikan patin juga termasuk dalam daftar ikan yang baik untuk kecerdasan otak anak. Kedua jenis ikan ini mengandung protein serta omega-3 yang tinggi. Nutrisi yang terkandung di dalam ikan cakalang dan ikan patin sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang dan otak anak. Anda dapat mengolah ikan cakalang dan ikan patin menjadi hidangan yang lezat dan bergizi.


Ikan nila juga memiliki manfaat yang baik untuk meningkatkan kecerdasan otak anak. Kandungan kalium dan omega-3 pada ikan nila dapat meningkatkan kekuatan otak dan fungsi neurologis. Selain itu, kandungan vitamin B12 pada ikan nila juga penting untuk fungsi kognitif yang tepat.


Demikianlah 7 jenis ikan yang bisa dikonsumsi untuk meningkatkan kecerdasan otak anak. Menambahkan ikan ke dalam menu makanan anak merupakan langkah yang baik untuk mendukung perkembangan otak mereka. Selalu pastikan memilih ikan yang segar dan berasal dari sumber yang terpercaya.

Video Terkait:

Tidak ada komentar