Chatbot: Mengenal Keberadaan dan Cara Kerjanya - xwijaya

Tidak menemukan artikel? cari disini



Chatbot: Mengenal Keberadaan dan Cara Kerjanya

Chatbot: Mengenal Keberadaan dan Cara Kerjanya
Foto Ilustrasi sumber: widyawicara.com

Apa Itu Chatbot dan Bagaimana Cara Kerjanya?


Keberadaan Artificial Intelligence (AI) saat ini sangat membantu dalam proses kerja manusia, terutama dengan munculnya chatbot. Chatbot adalah jenis AI yang dirancang untuk menjawab pertanyaan dari manusia dengan baik dan cepat, sehingga memungkinkan manusia untuk bekerja lebih efisien. Namun, belum semua orang paham tentang apa itu chatbot dan bagaimana cara kerja AI yang berbentuk chatbot. Artikel ini akan membahas tentang chatbot dan cara kerjanya secara rinci.


Apa Itu Chatbot?


Chatbot adalah suatu sistem yang dirancang untuk menjawab pertanyaan atau permintaan yang diajukan kepadanya. Dalam kata sederhana, chatbot memiliki program yang dapat merespon pertanyaan yang diajukan dengan tepat. Chatbot merupakan program pada komputer yang menciptakan simulasi percakapan dengan manusia melalui teks atau suara. Sistem ini dirancang dengan model interaktif yang memungkinkannya berinteraksi dengan manusia. Beberapa orang juga menyebutnya sebagai talkbot. Fungsi utama dari chatbot adalah menggantikan peran manusia dalam menjawab pertanyaan yang diajukan oleh manusia. Singkatnya, program yang terdapat dalam chatbot didesain untuk menjawab semua pertanyaan terkait topik yang diprogramkan.


Bagaimana Cara Kerja Chatbot?


Chatbot merupakan sistem yang didukung oleh AI untuk memproses perintah dengan Natural-Language Processing (NLP). Selain itu, chatbot juga dilengkapi dengan mesin pembaca yang memberikan respons terhadap berbagai jenis permintaan. Chatbot berinteraksi dengan terstruktur, sesuai dengan frequently asked questions (pertanyaan yang sering diajukan) tentang suatu topik. Dengan cara ini, chatbot dapat berfungsi sebagai asisten virtual yang canggih. Biasanya, chatbot digunakan untuk menjawab layanan seperti peran customer service, meskipun bukan berarti chatbot menggantikan peran customer service itu sendiri. Customer service tetap diperlukan untuk ketepatan, sementara chatbot memberikan kecepatan.


Keberadaan Chatbot dalam Membantu Pekerjaan Manusia


Saat ini, chatbot dapat digunakan untuk berbagai macam hal, termasuk membantu pekerjaan manusia. AI pada chatbot digunakan untuk membaca dan memproses banyaknya pertanyaan serta memahami bahasa pertanyaan yang masuk sebelum memberikan jawaban. Selain itu, AI pada chatbot juga digunakan untuk membaca dan mempelajari inti dari sebuah topik. Chatbot saat ini digunakan sebagai platform layanan yang dapat menjawab keluhan, masukan, atau pertanyaan pelanggan suatu produk dengan cepat. Contoh chatbot yang populer adalah Facebook Chatbot, X Chatbot, dan beberapa platform lainnya yang umum digunakan dalam layanan bisnis. Namun, saat ini juga muncul chatbot yang digunakan untuk menjawab pertanyaan, membuat surat, bahkan menciptakan gambar visual menggunakan bantuan AI, seperti ChatGPT dan Windows Co-Pilot.


Video Terkait:

Tidak ada komentar