Faktor Risiko PCOS: Faktor Genetik vs Faktor Lingkungan - xwijaya

Tidak menemukan artikel? cari disini



Faktor Risiko PCOS: Faktor Genetik vs Faktor Lingkungan

Faktor Risiko PCOS: Faktor Genetik vs Faktor Lingkungan
Foto Ilustrasi sumber: fertilitycenterofdallas.com

PCOS dapat Disebabkan oleh Faktor Genetik atau Lingkungan?


Faktor genetik dan lingkungan sering kali menjadi perbincangan ketika membahas risiko terjadinya berbagai penyakit dan kondisi medis, termasuk sindrom ovarium polikistik (PCOS). PCOS adalah gangguan hormonal yang mempengaruhi siklus menstruasi wanita dan dapat menyebabkan munculnya banyak kista kecil di ovarium. Namun, apakah faktor genetik benar-benar berperan dalam penyebab terjadinya PCOS? Dokter dan profesor bidang kebidanan dan ginekologi memberikan pandangan yang berbeda mengenai hal ini.


Faktor Genetik vs Faktor Lingkungan


Dalam pandangan dokter spesialis endokrinologi reproduksi dan infertilitas, Meggie Smith, sulit untuk mengatakan dengan pasti apakah PCOS memiliki penyebab genetik atau tidak. Namun, faktor genetik mungkin saja berkontribusi terhadap kondisi ini. Namun, lingkungan dan gaya hidup juga memiliki peran yang signifikan. Lauren Streicher, seorang profesor klinis kebidanan dan ginekologi, juga menyatakan bahwa PCOS tidak secara khusus disebabkan oleh faktor genetik, tetapi terdapat kemungkinan adanya komponen genetik yang terkait dengan PCOS secara multifaktorial.


Peran Faktor Genetik dan Lingkungan dalam PCOS


Penyebab PCOS diduga dipengaruhi oleh faktor multifaktorial, termasuk faktor genetik dan gaya hidup. Beberapa penelitian menemukan bahwa sekitar 20-40 persen orang dengan PCOS memiliki anggota keluarga yang juga menderita kondisi ini. Faktor genetik diperkirakan terkait dengan produksi androgen yang tinggi, seperti testosteron di ovarium, yang dapat mengganggu komunikasi antara otak dan ovarium dalam menjalankan fungsi ovarium yang normal.


Di samping faktor genetik, kelebihan berat badan juga merupakan faktor risiko yang besar dalam terjadinya PCOS. Penurunan berat badan pada wanita dengan PCOS yang mengalami kelebihan berat badan dapat membantu memperbaiki kondisi PCOS mereka. Diabetes juga memiliki hubungan dengan PCOS, terutama pada penderita yang mengalami resistensi insulin. Lebih dari separuh orang dengan PCOS akan mengalami diabetes atau pradiabetes sebelum usia 40 tahun.

Video Terkait:

Tidak ada komentar