Fenomena Langit yang Menakjubkan Hari Ini - xwijaya

Tidak menemukan artikel? cari disini



Fenomena Langit yang Menakjubkan Hari Ini

Fenomena Langit yang Menakjubkan Hari Ini
Foto Ilustrasi sumber: photo.sindonews.com

Mengintip Duet Langit: Bulan dan Jupiter


Sejumlah fenomena langit akan menyapa Bumi hari ini, Jumat (22/12), salah satunya adalah duet Bulan dan Jupiter. Fenomena ini kemungkinan akan meredupkan hujan meteor yang juga akan terjadi malam nanti. Dari sisi belahan Bumi utara, Matahari akan berada pada posisi terendah di langit saat fenomena Solstis Desember. Hal ini membuat Bulan tampak tinggi di langit selama musim dingin di wilayah ini, menciptakan peluang pengamatan langit yang menarik. Saat titik balik Matahari, Bulan akan bersinar di sebelah kanan Jupiter, planet terbesar di Tata Surya ini pun akan menjadi planet paling terang di langit malam itu.



Peluang Kedua dan Puncak Meteor Ursid


Jika Anda melewatkan fenomena tersebut, ada kesempatan kedua pada keesokan harinya saat Bulan berpindah ke sebelah kiri Jupiter. Momen yang sama juga merupakan H-1 puncak hujan meteor Ursid, salah satu hujan meteor mayor, yakni pada Sabtu (23/12). Menurut Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), frekuensinya bisa mencapai tiga meteor per jam jika diamati dari Sabang, Aceh. Namun, Bulan yang terang mendekati purnama diprediksi akan 'mengubur' cahaya hujan meteor tersebut.



Fenomena Solstis dan Pergantian Musim


Pada saat bersamaan, fenomena solstis Desember yang menjadi penanda awal musim dingin di belahan Bumi utara juga terjadi hari ini, Jumat (22/12). Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa di Badan Riset dan Inovasi Nasional (ORPA BRIN) menjelaskan bahwa solstis adalah fenomena ketika Matahari melintasi Garis Balik Utara atau Garis Balik Selatan. Kedua garis ini merupakan garis khayal pada bola Bumi yang terletak pada lintang yang senilai dengan kemiringan sumbu Bumi. Solstis rutin terjadi dua kali setiap tahun, yakni tiap Juni dan Desember.

Video Terkait:

Tidak ada komentar