Fenomena Masyarakat "Kuras" Simpanan, OJK Akui Jumlah Tabungan Masih Tumbuh tapi Melambat - xwijaya

Tidak menemukan artikel? cari disini



Fenomena Masyarakat "Kuras" Simpanan, OJK Akui Jumlah Tabungan Masih Tumbuh tapi Melambat

Fenomena Masyarakat
Foto Ilustrasi sumber: republika.co.id

OJK: Jumlah Tabungan Masih Tumbuh tapi Melambat


Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meyakini jumlah tabungan masyarakat yang tercatat sebagai Dana Pihak Ketiga (DPK) masih mengalami pertumbuhan, meskipun dengan tingkat perlambatan. Ketua Dewan Komisioner OJK, Mahendra Siregar, menegaskan bahwa perlambatan pertumbuhan DPK tidak serta-merta mengacu pada fenomena masyarakat yang mulai "makan tabungan".


Fenomena Masyarakat "Makan Tabungan" Tidak Ada Penurunan DPK


Mahendra menjelaskan bahwa fenomena masyarakat yang "makan tabungan" hanya mengindikasikan adanya penurunan jumlah tabungan yang ada di perbankan. Namun, ia meyakini bahwa tidak ada penurunan DPK perbankan secara keseluruhan. Menurutnya, DPK tahun ini seharusnya dibandingkan dengan kondisi sebelum pandemi Covid-19 karena tahun lalu merupakan masa di mana masyarakat mulai pulih dari dampak pandemi. Oleh karena itu, kondisi pertumbuhan DPK saat ini seharusnya dianggap normal dibandingkan dengan kondisi pra-pandemi.


Pertumbuhan DPK Masih Ada, Namun Lebih Rendah dari Tahun Lalu


Menurut data OJK, pertumbuhan DPK pada bulan Oktober tahun ini hanya mencapai sekitar 3,43 persen secara tahunan, turun dari pertumbuhan pada September 2023 yang mencapai 6,54 persen secara tahunan. Meskipun terjadi perlambatan, Mahendra menjelaskan bahwa hal ini bukan merupakan penurunan yang signifikan, melainkan hanya pertumbuhan yang lebih rendah dibandingkan dengan tahun sebelumnya.


Video Terkait:

Tidak ada komentar