Gunung Es Monster A23a di Antartika Terpantau Hanyut di Lautan - xwijaya

Tidak menemukan artikel? cari disini



Gunung Es Monster A23a di Antartika Terpantau Hanyut di Lautan

Gunung Es Monster A23a di Antartika Terpantau Hanyut di Lautan
Foto Ilustrasi sumber: jambi.tribunnews.com

Gunung Es A23a Bergerak Menjauhi Perairan Antartika, Mengkhawatirkan Dampaknya bagi Satwa Liar


Gunung es monster A23a di Antartika terpantau hanyut di lautan. A23a yang memiliki bentuk seperti gigi sebelumnya tertanam di dasar lautan selama 30 tahun. Sekarang, ia bergerak ke utara dengan kecepatan luar biasa karena didorong oleh angin dan arus laut.


Potensi Mengganggu Pola Makan Hewan Liar dan Ancaman bagi Pulau Sub-Antartika


British Antarctic Survey (BAS) yang belum lama ini mengamati A23a, melaporkan bahwa gunung es monster ini bergerak ke utara dengan kecepatan sekitar 30 mil per hari. Hal ini berpotensi mengganggu pola makan hewan liar, seperti penguin. "Ini tergantung pada trayeknya, tetapi ada potensi dampak terhadap satwa liar jika mendekati salah satu pulau sub-Antartika," kata perwakilan BAS.


Perubahan Iklim Semakin Nyata dan Dampak Terhadap Gunung Es sebagai Indikator Kesehatan Planet


Gunung es monster hanyut ini menandakan bahwa dunia sedang tidak baik-baik saja. Peristiwa ini semakin menunjukkan dampak perubahan iklim kian nyata. Gunung es berfungsi sebagai penanda penting perubahan iklim. Dengan meningkatnya suhu global, pembentukan dan siklus hidup gunung es pun berubah. Es yang kian mencair membuat para ilmuwan khawatir. Anne Braakmann-Folgmaan, dosen Universitas Tromso yang mempelajari mengenai Antartika mengatakan bahwa gunung es ini menipis imbas permukaan laut yang menghangat dalam beberapa waktu terakhir.


"Satelit memungkinkan kita melihat gunung es menipis karena air laut yang menghangat," kata Anne. "Dan dengan pengetahuan topografi dasar laut, kita tahu di mana gunung es itu akan berlabuh atau kapan gunung es itu sudah cukup menipis untuk dilepaskan kembali," lanjut dia, mengutip BBC.

Video Terkait:

Tidak ada komentar