Ikan Pari Jawa Dilaporkan Punah: Dampak Aktivitas Manusia dan Perubahan Iklim - xwijaya

Tidak menemukan artikel? cari disini



Ikan Pari Jawa Dilaporkan Punah: Dampak Aktivitas Manusia dan Perubahan Iklim

Ikan Pari Jawa Dilaporkan Punah: Dampak Aktivitas Manusia dan Perubahan Iklim
Foto Ilustrasi sumber: pgsp.big.go.id

Ikan Pari Jawa, Spesies yang Sangat Langka, Dinyatakan Punah


Ikan Pari Jawa yang sangat langka telah dinyatakan punah. Ikan ini, yang memiliki nama latin java stingaree, dimasukkan dalam Red List of Threatened Species atau Daftar Merah Spesies Terancam Punah International Union for Conservation of Nature (IUCN). Pengumuman ini disampaikan dalam Konferensi Tingkat Tinggi iklim COP28 di Dubai, Uni Emirat Arab pada awal Desember lalu.


Hilangnya Salah Satu Spesies Ikan laut Pertama Karena Aktivitas Manusia


Ikan Pari Jawa super langka ini diketahui hanya dari satu spesimen yang dikumpulkan pada tahun 1862 di pasar ikan di Jakarta. "Hilangnya salah satu kerabat ikan pari ini menandai kepunahan pertama spesies ikan laut akibat aktivitas manusia," kata Craig Hilton-Taylor, kepala Unit Daftar Merah IUCN, seperti dikutip dari Radio Free Asia.


Faktor-Faktor yang Menyebabkan Kepunahan


Menurut ketua penilai Julia Constance, kandidat PhD di Charles Darwin University di Australia, penangkapan ikan secara intensif dan tidak diatur, ditambah dengan degradasi bahkan hilangnya habitat pesisir akibat industrialisasi, merupakan faktor utama yang menyebabkan kepunahan Ikan Pari Jawa. Perubahan iklim juga menjadi ancaman serius terhadap keanekaragaman kehidupan di planet kita. Faktor-faktor tersebut telah berkontribusi terhadap kepunahan spesies yang sangat langka ini.


Pentingnya Daftar Merah IUCN


Daftar Merah IUCN, yang ditetapkan pada tahun 1964, merupakan sumber daya terlengkap di dunia untuk menilai risiko kepunahan dan status spesies hewan, jamur, dan tumbuhan. Laporan ini memberikan data penting mengenai wilayah jelajah, populasi, habitat, ancaman, dan tindakan konservasi mereka untuk pengambilan keputusan dan perubahan kebijakan. Melalui informasi yang terkandung dalam daftar ini, diharapkan dapat dilakukan upaya konservasi yang lebih efektif untuk melindungi spesies yang terancam punah.

Video Terkait:

Tidak ada komentar