Janji Mahfud MD tentang Internet Gratis dan Respons Menkominfo - xwijaya

Tidak menemukan artikel? cari disini



Janji Mahfud MD tentang Internet Gratis dan Respons Menkominfo

Janji Mahfud MD tentang Internet Gratis dan Respons Menkominfo
Foto Ilustrasi sumber: nasional.sindonews.com

Internet Gratis sebagai Prioritas Ganjar-Mahfud


Mahfud MD, calon wakil presiden nomor urut 3, menjanjikan internet gratis, super cepat, dan merata dalam penutupan debat perdana cawapres pada 22 Desember lalu. Jika ia dan Ganjar Pranowo terpilih memimpin Indonesia dalam 5 tahun ke depan, internet gratis akan menjadi salah satu prioritas mereka. Menkominfo Budi Arie Setiadi memberikan tanggapannya terhadap hal tersebut.


Tanggapan Menkominfo


Budi Arie Setiadi menyatakan bahwa internet gratis memungkinkan di Indonesia. "Internet gratis mungkin saja. Tinggal bagaimana kebijakan kita," kata Budi Arie Setiadi pada Jumat (29/12/2023) di Bandara Soetta. Ia juga mengungkapkan bahwa saat ini, harga data internet di Indonesia sebenarnya termasuk dalam kategori lima negara dengan harga terendah secara global. "Kita ada di nomor 4 termurah di dunia," ungkapnya.


Namun, Menkominfo mengakui bahwa pemerintah perlu mengatur agar industri telekomunikasi tetap sehat. Salah satu langkah yang dapat dilakukan adalah memangkas kompetisi harga di kalangan operator. Selain itu, pemerintah juga sedang menyiapkan skema insentif untuk mempercepat pengembangan jaringan internet 5G, agar operator tidak mengalami kerugian. "Skemanya lagi diatur dan dikaji," tambah Budi Arie Setiadi.


Prioritas Kementerian Kominfo


Prioritas Kementerian Kominfo hingga semester pertama tahun depan adalah menyelesaikan pembangunan 628 stasiun penerimaan BTS 4G di daerah-daerah terpencil di Papua. Saat ini, sudah ada 4.990 stasiun penerimaan BTS 4G yang beroperasi di area 3T (terdepan, terpencil, dan terluar). "Kita harus bisa mewujudkan pemerataan akses konektivitas di seluruh Indonesia. Merdeka internet," tegas Budi Arie Setiadi.


Video Terkait:

Tidak ada komentar