Jokowi Memakai Dasi Kuning: Simbol Politik yang Sulit Ditebak - xwijaya

Tidak menemukan artikel? cari disini



Jokowi Memakai Dasi Kuning: Simbol Politik yang Sulit Ditebak

Jokowi Memakai Dasi Kuning: Simbol Politik yang Sulit Ditebak
Foto Ilustrasi sumber: nasional.okezone.com

Jokowi: Pemimpin yang Sulit Ditebak Simbol Politiknya


Presiden Joko Widodo (Jokowi) menarik perhatian ketika ia mengenakan dasi kuning saat bertolak ke Jepang untuk kunjungan bilateral. Direktur Parameter Politik Indonesia (PPI) Adi Prayitno mengatakan bahwa Jokowi menjadi tokoh yang sulit ditebak dengan simbol-simbol politiknya. "Jokowi paling susah ditebak simbol-simbol politiknya. Kerap berubah dan multitafsir. Hanya Jokowi yang tahu persis dengan simbol warna yang kerap dipakai," kata Adi kepada wartawan, Minggu (17/12/2023).


Adi Prayitno juga menyinggung soal kedekatan Jokowi dengan PDIP yang dinilai mulai merenggang. "Termasuk dari dulu publik salah baca soal manuver politik di pilpres. Saat semua meyakini Jokowi bakal terus bersama PDIP, nyatanya at the end of game Jokowi terlihat pisah jalan dengan PDIP," ujarnya. Ia menjelaskan bahwa Jokowi tidak tunggal dalam menyampaikan pesan politik, selalu beragam dan warna-warni, serta selalu bersayap makna politik Jokowi.


Arah Politik Jokowi yang Sulit Ditebak


Adi Prayitno menekankan bahwa semua pihak hanya tinggal menunggu ke mana arah politik Jokowi akan berlabuh. Ia berbicara tentang kemungkinan pemimpin RI ini pindah haluan ke PSI atau Partai Golkar. "Tinggal kita tunggu ke mana endingnya Jokowi berlabuh. Tetap di PDIP kah atau pindah ke partai lain? Memang sangat rumit. Ada yang mengaitkan Jokowi dengan PSI karena PSI mengusung jargon Jokowisme," kata Adi. "Ada pula yang mengaitkan dengan Gerindra, dan lainnya. Belakangan ada elit Golkar mulai komentar kalau Jokowi mulai identik dengan partai warna kuning," ungkapnya.


Jokowi: Dasi Kuning Menyimpan Makna Politik


Ketika Presiden Jokowi memakai dasi kuning sebelum bertolak ke Jepang, hal ini menarik perhatian wartawan. Saat ditanya mengenai arti dasi kuning tersebut, Jokowi langsung melihat ke arah dasinya dan tersenyum. "Masa nggak tahu," kata Jokowi sambil tersenyum sebelum pergi.

Video Terkait:

Tidak ada komentar