Jumlah Korban Meningkat Akibat Gempa di China - xwijaya

Tidak menemukan artikel? cari disini



Jumlah Korban Meningkat Akibat Gempa di China

Jumlah Korban Meningkat Akibat Gempa di China
Foto Ilustrasi sumber: hi-lite.sindonews.com

Jumlah Korban Meningkat Akibat Gempa


Jumlah korban tewas akibat gempa bumi berkekuatan Magnitudo 5,9 yang mengguncang wilayah China pada awal pekan ini dilaporkan kembali bertambah. Otoritas setempat saat ini fokus pada upaya memukimkan kembali ratusan ribu orang yang kehilangan tempat tinggal akibat bencana alam tersebut.


Korban dan Pengungsi


Laporan terbaru kantor berita Xinhua menyebut korban tewas akibat gempa yang mengguncang sesaat sebelum tengah malam pada Senin (18/12) waktu setempat bertambah menjadi sedikitnya 148 orang. Angka itu terdiri atas sedikitnya 117 orang tewas di Provinsi Gansu dan 31 orang lainnya tewas di Provinsi Qinghai. Lebih dari 139.000 orang, menurut laporan televisi pemerintah CCTV, terpaksa mengungsi ke tempat-tempat penampungan darurat yang tersebar di kedua provinsi tersebut usai gempa mengguncang.


Upaya Pemulihan dan Penyelamatan


Para petugas penyelamat di Provinsi Gansu "sepenuhnya mengalihkan fokus pekerjaan mereka ke arah permukiman kembali penduduk yang terkena dampak dan merawat mereka yang terluka", demikian dilaporkan oleh CCTV. Meskipun begitu, tim tanggap darurat masih mencari korban yang terjebak puing-puing di Qinghai. Beberapa orang terkubur-kubur di area wilayah Zhongchuan, Qinghai, pada Selasa (19/12) waktu setempat setelah terjadi fenomena 'sand boil', yaitu fenomena yang terjadi selama gempa bumi ketika tanah meleleh dan memaksa pasir dan air keluar dari dalam tanah.


Kesimpulan


Saat ini, langkah-langkah pemulihan dan pemukiman kembali penduduk yang terdampak serta pencarian korban yang terjebak masih terus dilakukan oleh otoritas setempat. Dengan meningkatnya jumlah korban tewas dan ribuan orang yang mengungsi, ini menjadi tugas penting bagi pemerintah China untuk memastikan keselamatan dan kebutuhan masyarakat yang terdampak dengan segera dan efektif.

Video Terkait:

Tidak ada komentar