Komposer Ari Bias Melarang Agnez Mo Membawakan Lagu-lagu Ciptaannya - xwijaya

Tidak menemukan artikel? cari disini



Komposer Ari Bias Melarang Agnez Mo Membawakan Lagu-lagu Ciptaannya

Komposer Ari Bias Melarang Agnez Mo Membawakan Lagu-lagu Ciptaannya
Foto Ilustrasi sumber: foto.tempo.co


Komposer Ari Bias Mengenakan Batasan pada Penggunaan Lagu Ciptaannya oleh Agnez Mo


Para komposer musik dan lagu Indonesia tengah berjuang untuk mendapatkan hak royalti mereka. Salah satu vokal dalam perjuangan ini adalah Ari Bias, yang telah menciptakan beberapa lagu yang dipopulerkan oleh Agnez Mo. Namun, Ari Bias secara terbuka memberikan ultimatum kepada para artis yang dinilai tidak menjalankan lisensi lagu dengan benar, termasuk Agnez Mo.


Pemberlakuan Direct License dan Respons Manajemen Agnez Mo


Ari Bias telah menciptakan dua lagu populer Agnez Mo saat masih menggunakan nama Agnes Monica, yaitu "Bilang Saja" dan "Bukan Milikmu Lagi." Saat Agnez Mo ditemui di Kantor Sekretariat Presiden di Gambir, Jakarta Pusat, pada Kamis (28/12/2023), Ari Bias menjelaskan bahwa dia telah menyampaikan perihal direct license untuk lagu-lagu yang diciptakannya kepada manajemen Agnez Mo. Namun, tidak ada respons positif dari pihak mereka.


Direct license adalah kontrak antara komposer dan pihak yang ingin menggunakan musik ciptaannya dengan syarat dan ketentuan tertentu. Melalui direct license ini, komposer diharapkan dapat mendapatkan porsi royalti yang lebih besar. "Sebenarnya, saya sudah menyampaikan sejak Juli 2023 bahwa saya telah menerapkan direct license untuk lagu-lagu saya kepada penyanyi, termasuk Agnes Monica," ujar Ari Bias kepada detikcom. "Namun, manajemen Agnez Mo kurang merespons dengan baik. Mereka tidak memiliki semangat yang sama seperti yang lain, yaitu memahami kondisi yang sedang dialami oleh para pencipta lagu," tambahnya.


Kondisi Krisis Komposer Musik di Indonesia


Ari Bias menyebut bahwa saat ini komposer musik di Indonesia sedang mengalami krisis. Banyak dari mereka tidak mendapatkan hak ekonomi dari royalti lagu yang dibawakan oleh penyanyi dalam setiap konser. Karena manajemen Agnez Mo tidak pernah merespons permintaannya, termasuk terkait direct license, Ari Bias akhirnya memberikan ultimatum. Ia melarang Agnez Mo untuk menyanyikan lagu-lagu ciptaannya di panggung.


Sebelum melarang Agnez Mo, Ari Bias sudah mengetahui bahwa penyanyi tersebut masih membawakan lagu-lagu ciptaannya. "Mereka, para komposer, tidak mendapatkan royalti atau hak ekonomi dari setiap konser yang menampilkan lagu-lagu ciptaannya. Karena tidak pernah ada respons yang positif, akhirnya saya memutuskan melarang lagu saya untuk dipentaskan, terutama oleh Agnez Mo," papar Ari Bias.


Video Terkait:

Tidak ada komentar