Kunjungan Pemimpin Hamas ke Mesir untuk Membahas Gencatan Senjata dan Pertukaran Tahanan - xwijaya

Tidak menemukan artikel? cari disini



Kunjungan Pemimpin Hamas ke Mesir untuk Membahas Gencatan Senjata dan Pertukaran Tahanan

Kunjungan Pemimpin Hamas ke Mesir untuk Membahas Gencatan Senjata dan Pertukaran Tahanan
Foto Ilustrasi sumber: www.independent.co.uk


Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh Akan Mengunjungi Mesir Untuk Membahas Gencatan Senjata


Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh akan mengunjungi Mesir untuk membicarakan gencatan senjata di Gaza dan pertukaran tahanan dengan Israel. Demikian diungkapkan sebuah sumber yang dekat dengan kelompok perlawanan Palestina itu.


Haniyeh, yang berbasis di Qatar, akan memimpin delegasi "tingkat tinggi" Hamas ke Mesir pada Rabu (20/12) waktu setempat, di mana ia akan mengadakan pembicaraan dengan kepala intelijen Mesir Abbas Kamel dan lainnya, kata sumber itu kepada AFP.


Pembicaraan di Mesir Akan Fokus Pada Menghentikan Agresi dan Pembebasan Tahanan


Pembicaraan tersebut akan membahas "menghentikan agresi dan perang untuk mempersiapkan kesepakatan bagi pembebasan tahanan (dan) akhir dari pengepungan yang diberlakukan di Jalur Gaza," kata sumber yang tidak ingin disebutkan namanya, karena dia tidak berwenang untuk berbicara tentang kunjungan itu.


Sebelumnya, berdasarkan kesepakatan gencatan senjata selama seminggu, yang negosiasinya dibantu Qatar dan didukung oleh Mesir dan Amerika Serikat, 80 sandera Israel dibebaskan dengan imbalan 240 warga Palestina yang ditahan di penjara-penjara Israel. Menurut sumber Hamas, pembicaraan di Mesir pada Rabu akan fokus pada "pengiriman bantuan kemanusiaan, penarikan tentara Israel dari Jalur Gaza dan kembalinya para pengungsi ke kota-kota dan desa-desa mereka di utara".


Upaya Pembebasan Sandera Melalui Pertemuan Intelijen Israel dan Qatar


Kunjungan Haniyeh akan menjadi kunjungannya yang kedua ke Mesir sejak dimulainya perang di Gaza pada tanggal 7 Oktober, setelah kunjungannya pada awal November lalu. Situs berita AS, Axios melaporkan pada Senin lalu, bahwa David Barnea, kepala badan intelijen Israel, Mossad, bertemu dengan Perdana Menteri Qatar Sheikh Mohammed bin Abdulrahman Al Thani dan direktur CIA Bill Burns di Eropa untuk membahas potensi kesepakatan baru untuk membebaskan sandera. Pada hari Selasa, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan dia "baru saja mengirim kepala Mossad ke Eropa dua kali untuk membahas proses pembebasan sandera kami". "Saya tidak akan menyia-nyiakan upaya mengenai masalah ini, dan tugas kami adalah mengembalikan mereka semua," katanya dalam sebuah pernyataan. Saat bertemu dengan keluarga sandera pada hari Selasa, Netanyahu mengatakan bahwa "menyelamatkan mereka adalah tugas tertinggi".


Video Terkait:

Tidak ada komentar