Manfaat dan Resep Botok Petai Cina yang Lezat dan Bergizi - xwijaya

Tidak menemukan artikel? cari disini



Manfaat dan Resep Botok Petai Cina yang Lezat dan Bergizi

Manfaat dan Resep Botok Petai Cina yang Lezat dan Bergizi
Foto Ilustrasi sumber: countyfood.blogspot.com

Manfaat Botok Petai Cina untuk Kesehatan


Botok adalah salah satu jenis masakan yang banyak disukai karena proses memasaknya yang melibatkan pengukusan. Botok terbuat dari parutan kelapa yang diambil sarinya dan memiliki beragam varian, salah satunya adalah botok petai cina. Di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur, botok petai cina juga dikenal dengan sebutan botok mlanding atau lamtoro. Pemprov Jambi menyebutkan bahwa petai cina memiliki 13 manfaat yang bermanfaat bagi kesehatan manusia. Beberapa manfaat tersebut antara lain meningkatkan kekebalan tubuh, membantu pengobatan diabetes melitus, menurunkan berat badan, membantu pengobatan penyakit kanker, dan juga sebagai obat cacingan alami.


Resep Botok Petai Cina yang Lezat


Bahan yang diperlukan untuk membuat botok petai cina meliputi 85 gram petai cina atau mlanding atau lamtoro, 50 gram teri, 1,5 buah kelapa parut, garam secukupnya, daun pisang secukupnya, dan tusuk gigi. Untuk bumbu halusnya, diperlukan 6 buah bawang putih, 10 buah bawang merah, 6 buah cabe merah, 10 buah cabe rawit, 1 ruas kencur, dan 45 gram gula merah.


Langkah pertama adalah mencampurkan semua bahan botok beserta bumbu halus hingga merata. Setelah itu, bahan botok tersebut dapat ditata di atas daun pisang dan dibungkus, kemudian sematkan dengan tusuk gigi atau lidi. Lakukan langkah ini hingga semua bahan habis. Setelah itu, kukus botok yang telah dibungkus dengan daun pisang selama 30 menit menggunakan kukusan yang telah dipanaskan.


Video Terkait:

Tidak ada komentar