Mutasi TNI: Panglima Rotasi Jabatan Dankodiklat, Kapuspen, hingga Dansatsiber - xwijaya

Tidak menemukan artikel? cari disini



Mutasi TNI: Panglima Rotasi Jabatan Dankodiklat, Kapuspen, hingga Dansatsiber

Mutasi TNI: Panglima Rotasi Jabatan Dankodiklat, Kapuspen, hingga Dansatsiber
Foto Ilustrasi sumber: kaltimpost.jawapos.com

Mutasi Tinggi di Lingkungan TNI Memasuki Gelombang Kedua


Mutasi kembali terjadi di lingkungan Tentara Nasional Indonesia (TNI). Ini merupakan mutasi kedua sejak Jenderal Agus Subiyanto menjadi Panglima TNI. Dalam surat mutasi terbaru, total ada 183 perwira tinggi (pati) yang mengalami mutasi, rotasi, dan promosi jabatan. Mutasi ini tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/1470/XII/2023 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI yang ditandatangani Panglima Agus tertanggal 18 Desember 2023.


Dankodiklat TNI Digantikan, Posisi Pimpinan Berubah


Dalam mutasi terbaru, posisi Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan, dan Latihan (Dankodiklat) TNI diganti dari Letjen Eko Margiyono ke Laksdya Maman Firmansyah. Selanjutnya, Eko Margiyono menjadi Wakil Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas), bertukar posisi dengan Maman Firmansyah. Kemudian, Mayjen Widi Prasetijono ditunjuk menjadi Dankodiklat TNI AD (Dankodiklatad). Widi akan meninggalkan jabatannya sebagai Panglima Kodam (Pangdam) IV/Diponegoro. Selanjutnya, jabatan Pangdam IV/Diponegoro akan diisi oleh Mayjen Tandyo Budi Revita yang sebelumnya menjabat Kabadiklat Kementerian Pertahanan. Mayjen Bobby Rinal Makmun berganti posisi dari Komandan Secapa TNI AD (Dansecapaad) menjadi Pangdam XIV/Hasanuddin. Sementara Mayjen Totok Imam, yang sebelumnya menjadi Pangdam XIV/Hasanuddin, akan menjadi Direktur Pascasarjana Unhan.


Kapuspen dan Dansatsiber Juga Berganti Pimpinan


TNI juga akan memiliki Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) yang baru. Kapuspen TNI saat ini, Laksda Julius Widjojono, bakal menjadi Staf Khusus KSAL. Penggantinya adalah Brigjen R Nugraha Gumiliar yang sebelumnya Perwira Staf Ahli KSAD Bidang Keamanan dan Teror. Posisi Komandan Satuan Siber (Dansatsiber) TNI juga berganti dari Laksma Agus Rustandi ke Brigjen Ari Yulianto. Agus Rustandi akan menjadi Staf Khusus KSAL, sementara Ari Yulianto sebelumnya menjabat Asisten Operasi Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III.

Video Terkait:

Tidak ada komentar