Patung Ayam Jantan Emas Terbaru di Katedral Notre Dame - xwijaya

Tidak menemukan artikel? cari disini



Patung Ayam Jantan Emas Terbaru di Katedral Notre Dame

Patung Ayam Jantan Emas Terbaru di Katedral Notre Dame
Foto Ilustrasi sumber: www.wariga.com

Patung Ayam Jago Emas sebagai Lambang Nasional Prancis


Katedral Notre Dame tengah berburu dengan waktu untuk pulih kembali usai kebakaran. Kini, ada yang baru di katedral Katolik itu, patung ayam jantan emas. Dilansir dari BBC pada Minggu (17/12/2023), sebuah patung ayam jantan emas berdiri di puncak menara Notre Dame. Ayam jago dipilih karena menjadi simbol nasional Prancis. Patung emas itu bukan sekedar patung, tapi merupakan baling-baling cuaca. Patung itu terbuat dari tembaga emas menggantikan patung sebelumnya, yang terbakar pada 2019. Baling-baling yang terbakar rusak parah dan tidak dapat diperbaiki lagi.


Simbol Kebangkitan dan Keindahan Katedral


Sebelum dipasang di puncak katredral, patung itu terlebih dahulu diberkati oleh Uskup Agung Paris pada Sabtu (16/12). Setelah itu, patung ayam jago diletakkan dengan bantuan derek. "Peletakan ayam jantan artinya akhir dari pembangunan kembali puncak menara," kata Philippe Jost, perancang dari patung ayam jago. Yang membuat patung itu semakin istimewa adalah bentuk 'sayap api'. 'Sayap api' itu adalah pengingat bahwa katedral dapat terlahir kembali dari abu seperti burung phoenix. "Puncak menaranya memiliki tinggi 96 meter dan setelah tukang atap menutupnya, kami dapat melepas perancahnya dan warga Paris serta pengunjung akan dapat melihat patung ayam jantan yang flamboyan ini," kata dia.


Katedral Notre Dame yang Lebih Tangguh Terhadap Kebakaran


Jost mengatakan bahwa banyak upaya telah dilakukan untuk memastikan katedral lebih tangguh terhadap kebakaran di masa depan. "Kami telah mengerahkan berbagai perangkat perlindungan kebakaran, termasuk sistem kabut di loteng, tempat kerangka kayu ek dan puncak menara berada, ini yang pertama untuk sebuah katedral di Prancis," dia menjelaskan. Presiden Prancis Emmanuel Macron ingin restorasi selesai dalam waktu lima tahun. Dia mematok target katedral, yang memiliki arsitektur gotik megah dan mewah, dibuka kembali pada Desember 2024. Notre Dame adalah salah satu bangunan paling ikonik di Paris. Situs ini memiliki bagian bangunan yang dibangun pada tahun 1163. Kepopulerannya telah jadi magnet wisatawan yang liburan ke Paris.

Video Terkait:

Tidak ada komentar