Paus Fransiskus Tidak Merestui Pernikahan Sesama Jenis, Duta Besar Indonesia Tekankan - xwijaya

Tidak menemukan artikel? cari disini



Paus Fransiskus Tidak Merestui Pernikahan Sesama Jenis, Duta Besar Indonesia Tekankan

Paus Fransiskus Tidak Merestui Pernikahan Sesama Jenis, Duta Besar Indonesia Tekankan
Foto Ilustrasi sumber: www.suaraindo.id

Gereja Katolik Tetap Tidak Mengakui Pernikahan Sesama Jenis


Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh Indonesia untuk Takhta Suci Vatikan, Michael Trias Kuncahyono, menegaskan Gereja Katolik tetap tidak mengakui adanya perkawinan sejenis. Trias menekankan doktrin dalam Katolik abadi menyatakan perkawinan adalah antara laki-laki dan perempuan untuk selamanya. Trias memastikan Paus Fransiskus juga akan mempertahankan doktrin perkawinan yang abadi tersebut. Sehingga, kata dia, tidak akan mungkin Paus Fransiskus sebagai pemimpin tertinggi Katolik sedunia, merestui perkawinan sesama jenis.


Gereja Katolik Memberkati Semua Umat Manusia, Tetapi Tidak Memberkati Pernikahan Sesama Jenis


Lebih lanjut, Trias juga menjelaskan keberadaan kelompok LGBT tidak bisa dinafikan. Sementara, menurutnya, Gereja Katolik berkah memberkati semua umat manusia, tanpa kecuali. "Kalau ditanyakan apakah benar Gereja memberkati perkawinan LGBT, jawabannya kembali ke prinsip dasar tadi. Jadi tentu Gereja tidak memberkati perkawinan sejenis," ucapnya. Meski begitu, dia menyebut Gereja Katolik tetap memberkati para kelompok LGBT sebagai manusia biasa. "Tapi, apakah mereka (kelompok LGBT) diberkati, ya, saya katakan semua orang diberkati. Berkat sebagai manusia biasa, seperti orang-orang yang lain," imbuh Trias.


Paus Fransiskus Mengizinkan Pemberkatan Pasangan Sesama Jenis dengan Syarat Tertentu


Sebelumnya, institusi tertinggi Katolik, Vatikan, menerbitkan keputusan menggemparkan. Mereka menyetujui pemberkatan pasangan sesama jenis kelamin meski dengan syarat tertentu. Doktrin Vatikan 2021 lalu masih melarang pemberkatan pernikahan sesama jenis kelamin. Alasannya waktu itu adalah Tuhan tidak bisa memberkati dosa. Berdasarkan berita Reuters dan CNN, Senin lalu Paus Fransiskus mengeluarkan keputusan terbaru yang memperbolehkan pastor Katolik Roma memberikan pemberkatan terhadap pasangan sesama jenis kelamin. Dokumen tersebut memuat 11 poin yang menjelaskan pandangan gereja terhadap ketertarikan terhadap sesama jenis dan tindakan homoseksual. Sejak terpilih tahun 2013, Paus Fransiskus berusaha membuat gereja yang beranggota 1,35 miliar orang itu lebih inklusif terhadap kelompok LGBT tanpa mengubah doktrin moral.

Video Terkait:

Tidak ada komentar