Pemanfaatan Kecerdasan Buatan oleh Generasi Z - xwijaya

Tidak menemukan artikel? cari disini



Pemanfaatan Kecerdasan Buatan oleh Generasi Z

Pemanfaatan Kecerdasan Buatan oleh Generasi Z
Foto Ilustrasi sumber: www.foretekzone.com

Generasi Z Menggunakan Kecerdasan Buatan


Google Indonesia melakukan survei terkait kecerdasan buatan (AI) dan menemukan beberapa aktivitas Gen Z yang populer mendapat bantuan AI, mulai dari pengeditan foto dan video hingga menerjemahkan bahasa asing. Menurut survei tersebut, 35 persen Gen Z memanfaatkan AI untuk mengedit foto dan video melalui smartphone, menjadikan ini sebagai aktivitas yang paling banyak mendapatkan bantuan AI. Kemudian, 29 persen Gen Z menggunakan AI untuk menyelesaikan pekerjaan seperti menerjemahkan dan menyortir data. Selain itu, 22 persen Gen Z juga memaksimalkan teknologi AI pada kamera smartphone mereka untuk mendapatkan hasil gambar yang lebih baik. Perilaku ini menunjukkan bahwa Gen Z merupakan early adopter dari teknologi AI generatif dan mengintegrasikannya dalam kehidupan sehari-hari mereka.


Pertumbuhan Awareness terhadap AI


Survei Google juga mengungkapkan bahwa 43 persen Gen Z sudah memiliki awareness terhadap teknologi AI. Hal ini menunjukkan penetrasi teknologi AI yang semakin meningkat baik di bidang profesional maupun kreatif. Dalam acara yang sama, Samsung Electronics Indonesia mengungkapkan niatnya untuk ikut serta dalam tren AI melalui peluncuran Galaxy AI pada tahun 2024. Galaxy AI yang akan diluncurkan oleh Samsung merupakan gabungan antara AI on device dan AI berbasis cloud. Salah satu fitur yang hadir dalam Galaxy AI adalah live translation call yang memungkinkan pengguna untuk menelepon lawan bicara yang menggunakan bahasa yang berbeda. Meskipun rincian fitur ini belum diungkap secara detail, Samsung menekankan bahwa penggunaan bahasa harus baku dan fitur ini hanya berfungsi dalam telepon seluler, bukan pada aplikasi pesan seperti WhatsApp.


Memanfaatkan AI untuk Mempermudah Keseharian


Berdasarkan data survei Google, satu dari lima Gen Z menggunakan AI untuk mempermudah komunikasi, mulai dari menyusun email hingga menanggapi percakapan chat. Selain itu, 23 persen Gen Z memanfaatkan AI sebagai virtual assistant. Dalam hal ini, Google Indonesia dan Samsung Electronics Indonesia menyadari bahwa Gen Z adalah kelompok yang sangat akrab dengan teknologi AI dan telah mengintegrasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini mencerminkan fenomena perkembangan teknologi AI yang semakin meresap dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat.


Video Terkait:

Tidak ada komentar