Pertama di Dunia, China Resmi Investasi Ekosistem Baterai EV di RI - xwijaya

Tidak menemukan artikel? cari disini



Pertama di Dunia, China Resmi Investasi Ekosistem Baterai EV di RI

Pertama di Dunia, China Resmi Investasi Ekosistem Baterai EV di RI
Foto Ilustrasi sumber: www.msn.com

Perjanjian Kerjasama Antara HCKBL dan PT Antam


Perusahaan baterai kendaraan listrik asal China, Hong Kong CBL Ltd (HCKBL), telah menjalin kerja sama dengan Indonesia melalui PT Aneka Tambang Tbk (Antam) dalam proyek pengembangan ekosistem. Dalam kemitraan ini, HCKBL akan memproduksi, memasok, dan mendaur ulang baterai kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) di Indonesia. Penandatanganan perjanjian ini dilakukan pada Kamis (28/12/2023) dan menjadi kerja sama pertama di dunia yang mencakup seluruh tahapan dalam ekosistem baterai EV.


Mendorong Hilirisasi dan Keberlanjutan Lingkungan


Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan bahwa kerja sama ini menjadi yang pertama di dunia dalam hal mengeksplorasi semua tahapan dalam ekosistem baterai EV, mulai dari tambang nikel hingga giga factory baterai cell dan pack, serta proses daur ulang. Menurut Luhut, ini menunjukkan bahwa masih banyak peluang hilirisasi yang dapat dilakukan di Indonesia. Ia juga menekankan pentingnya efisiensi dan kecepatan pelaksanaan proyek ini untuk menghadapi persaingan global yang semakin ketat, dengan mempertahankan standar lingkungan dan ketenagakerjaan yang tinggi.


Pentingnya Standar Lingkungan dan Ketenagakerjaan


Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia juga menekankan perlunya menerapkan standar lingkungan dan ketenagakerjaan yang tinggi, sejalan dengan apa yang disampaikan oleh Menko Marves. Bahlil mengucapkan selamat kepada tim PT Antam dan HCKBL, serta mengingatkan untuk melaksanakan standar lingkungan yang baik, merekrut tenaga kerja yang sesuai, dan mengurangi risiko yang dapat merugikan lingkungan.

Video Terkait:

Tidak ada komentar