Purnama Desember 2023: Gerhana Bulan Selagi Bersinar Terang - xwijaya

Tidak menemukan artikel? cari disini



Purnama Desember 2023: Gerhana Bulan Selagi Bersinar Terang

Purnama Desember 2023: Gerhana Bulan Selagi Bersinar Terang
Foto Ilustrasi sumber: www.riaueditor.com


Purnama Terakhir Tahun Ini: Cold Moon


Menjelang akhir tahun ini, bulan akan bersinar kian terang. Bulan purnama berikutnya pada Desember 2023 sekaligus menjadi purnama terakhir tahun ini dijuluki cold moon.


Gerhana Bulan Sebagian pada Purnama Desember 2023


Purnama Desember 2023 juga akan mengalami gerhana bulan sebagian. Menurut para ahli NASA, fenomena itu karena kesejajaran matahari, bumi, dan bulan yang tak sempurna sehingga mengakibatkan bulan hanya melewati sebagian umbra bumi.


Penamaan Cold Moon dan Pernamaan Purnama Selanjutnya


Menurut Almanak Old Farmer, penamaan cold moon terjadi karena purnama terjadi setelah titik balik matahari musim dingin ketika suhu di belahan bumi utara kian mendingin, bahkan membeku. Titik balik matahari musim dingin menandai siang terpendek dan malam terpanjang dalam setahun. Waktu terbaik melihat purnama Desember 2023 di AS adalah Rabu petang bakda Maghrib. Untuk wilayah Indianapolis, AS, bulan terbit sekitar pukul 17.54 waktu setempat, lalu melintasi meridian pada pukul 00.58, sebelum terbenam pada Kamis pukul 09.00 pagi.


Warna Dramatis pada Purnama Desember 2023


Pengamat bulan yang menikmati pemandangan purnama mungkin mendapati purnama terkadang tampak merah atau semburat warna oranye yang dramatis. Hal itu terjadi karena sinar matahari menyinari permukaan bulan setelah melewati atmosfer. Saat bulan bergerak ke bagian dalam bayangan bumi atau umbra, sebagian sinar matahari yang masuk ke langit bumi tersebar sebelum mencapai permukaan bulan. Warna dengan panjang gelombang lebih pendek, seperti biru dan ungu, lebih mudah menyebar. Berbeda halnya dengan warna dengan panjang gelombang lebih panjang, seperti merah dan oranye, yang lebih sukar menyebar. Semakin banyak debu atau awan di atmosfer bumi saat terjadi gerhana bulan, maka Bulan akan tampak semakin merah.


Video Terkait:

Tidak ada komentar