Gempa di Sumedang, Jawa Barat: Informasi Terkini BMKG - xwijaya

Tidak menemukan artikel? cari disini



Gempa di Sumedang, Jawa Barat: Informasi Terkini BMKG

Gempa di Sumedang, Jawa Barat: Informasi Terkini BMKG
Foto Ilustrasi sumber: manado.tribunnews.com

Gempa Berkekuatan 4,5 Magnitudo Guncang Sumedang


Gempa mengguncang Sumedang, Jawa Barat. BMKG mencatat gempa tersebut diperbarui dengan kekuatan magnitudo 4,5 (sebelumnya ditulis 4,4). "Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif," ujar Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, dalam keterangannya, Senin (1/1/2024).


Skala Intensitas Gempa


Daryono mengatakan gempa bumi ini dirasakan di Rancakalong, Jatinangor, Bandung dalam skala intensitas III MMI. Skala III MMI artinya getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. "Di Cirebon, Garut dan Subang dalam skala Intensitas II MMI. Artinya getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang," tutur Daryono.


Jumlah Aktivitas Gempa dan Detail Informasi


"Hingga pukul 21:15 WIB hasil monitoring BMKG menunjukkan telah terjadi 6 kali aktivitas gempabumi di Sumedang," lanjutnya. Berdasarkan BMKG, gempa yang mengguncang berkekuatan magnitudo 4,5 tepatnya terjadi pada pukul 20.46 WIB. Lokasinya 6.82 Lintang Selatan - 107.92 Bujur Timur atau 4 km Utara Kabupaten Sumedang dengan kedalaman 10 Km.


HALAMAN SELANJUTNYA:

Tidak ada komentar