Pandangan Bill Gates Tentang Masa Depan AI di 2024 - xwijaya

Tidak menemukan artikel? cari disini



Pandangan Bill Gates Tentang Masa Depan AI di 2024

Pandangan Bill Gates Tentang Masa Depan AI di 2024
Foto Ilustrasi sumber: dailyspin.id

AI dalam Meningkatkan Penanganan Antibiotik dan Kesehatan


Jelang akhir tahun 2023, Bill Gates mengungkapkan pandangannya terhadap tahun 2024, termasuk perkembangan inovasi teknologi Artificial Intelligence (AI) yang akan mengubah masa depan manusia. Gates tetap optimis meskipun tahun ini diwarnai oleh berbagai permasalahan seperti perang Ukraina-Rusia, konflik Israel-Hamas, dan perubahan iklim. Salah satu alasan Gates tetap optimis adalah berkembangnya penelitian di bidang kesehatan berkat penggunaan AI. Pendiri Microsoft ini memberikan lima ramalan mengenai penggunaan AI di sektor-sektor kehidupan manusia.


Resistensi antibiotik menjadi salah satu permasalahan global yang sangat serius. Namun, melalui penggunaan teknologi AI, masalah ini tengah dicari solusinya. Gates menjelaskan bahwa Nana Kofi Quakyi dari Aurum Institute di Ghana sedang mengembangkan alat yang didukung AI untuk membantu petugas kesehatan meresepkan antibiotik. Diharapkan dengan adanya alat tersebut, resep yang diberikan tidak akan berkontribusi pada peningkatan resistensi antibiotik.


Selain itu, Gates juga meramalkan tentang kemunculan tutor yang dipersonalisasi. Hal ini berarti pengajar akan dapat memahami kesulitan dan kekuatan siswa dengan menyesuaikan metode pengajaran yang ada. Saat ini sudah tersedia platform edutech berbasis AI seperti Khanmigo, Mathia, dan Somanasi. Selain itu, AI juga sedang dieksplorasi untuk membantu masalah kehamilan oleh peneliti di Armman. Gates menyebutkan bahwa setiap dua menit ada seorang wanita yang meninggal setelah melahirkan. Penggunaan chatbot di Afrika membantu menilai risiko HIV dan memberikan informasi yang tepat kepada wanita untuk melindungi diri mereka.


Peran AI dalam Akses Informasi Medis dan Penelitian


Sulitnya akses terhadap informasi medis adalah salah satu masalah mendasar yang dihadapi beberapa negara. Padahal, memiliki informasi yang tepat dan cepat sangat penting dalam pengobatan dan perawatan yang tepat. Dalam hal ini, AI diharapkan dapat mempercepat proses penelitian untuk menemukan solusi. Gates percaya bahwa mungkin solusi tersebut belum tersedia dalam waktu dekat, tetapi akan terwujud dalam jangka panjang.


HALAMAN SELANJUTNYA:

Tidak ada komentar