Cara Mudah Upload Aplikasi ke Google Play Store - xwijaya

Tidak menemukan artikel? cari disini



Cara Mudah Upload Aplikasi ke Google Play Store

Cara Mudah Upload Aplikasi ke Google Play Store

Beberapa orang mungkin bertanya-tanya bagaimana cara upload aplikasi ke Play Store karena dianggap sulit, namun jika sudah mengetahui caranya, upload aplikasi ke Play Store sangatlah mudah dilakukan. Berikut adalah cara upload aplikasi ke Play Store dengan mudah yang mungkin belum Anda ketahui.


Sebelum masuk ke proses pengunggahan aplikasi di Play Store, Anda perlu mendaftar akun Google Developer terlebih dahulu. Langkah ini sangat penting karena tanpanya, Anda tidak dapat memublikasikan aplikasi Anda di Google Play Store. Anda perlu membayar sekali sebesar $25 sebagai biaya pendaftaran Google Developer, kemudian Anda harus menambahkan informasi pribadi seperti nama pengembang, email kontak, URL situs web, dan menandatangani perjanjian distribusi Pengembang Google Play.

Google Developer
Ilustrasi: undergrad.cs.umd.edu

Jika Anda memiliki strategi monetisasi aplikasi seperti bayar per unduh (PPD) atau pembelian dalam aplikasi (IAP), Anda harus memiliki profil pembayaran, yang juga dikenal sebagai akun Google Merchant. Ini membantu Anda melacak penjualan aplikasi, menganalisis laporan, dan mengelola pembayaran bulanan Anda.

Akun Merchant
Ilustrasi: faspay.co.id

Setelah menyiapkan akun merchant, kini Anda bisa membuat aplikasi di akun developer Google yang sudah Anda buat sebelumnya. Siapkan aplikasi Android Anda dalam format APK (Android Package Kit) atau AAB (Android App Bundle). Pastikan aplikasi sudah siap untuk didistribusikan dan sesuai dengan panduan pengembangan Google Play.

Google Console
Ilustrasi: boxden.com

Pada langkah ini, Anda perlu menyiapkan informasi tentang aplikasi untuk ditampilkan di Google Play Store. Karena ini adalah detail yang akan ditampilkan kepada pelanggan Anda, disarankan untuk berkonsultasi dengan tim branding Anda untuk membuat profil aplikasi yang tepat. Isi informasi penting seperti nama aplikasi, deskripsi, tangkapan layar, ikon aplikasi, kategori, dan informasi lainnya yang diperlukan.

Daftar Toko
Ilustrasi: www.caraciri.my.id

Terakhir, saatnya mengunggah file APK aplikasi Anda. APK adalah format file yang digunakan Android untuk menyimpan, mendistribusikan, dan menginstal aplikasi di perangkat seluler Android. APK Anda dapat diunggah cukup dengan drag and drop file APK, atau bisa dengan menelusuri file APK melalui file explorer di komputer Anda.

Paket Android Kit (APK)
Ilustrasi: www.ongsono.com

Tentukan apakah aplikasi Anda akan ditawarkan secara gratis atau berbayar, serta negara atau wilayah mana yang akan menerima aplikasi Anda.


Sebelum mempublikasikan aplikasi, lakukan pengujian gründlich untuk memastikan tidak ada bug atau masalah lain yang dapat mengganggu pengguna.


Setelah semuanya siap, publikasikan aplikasi Anda di Google Play Store. Anda akan melalui proses tinjauan oleh Google sebelum aplikasi tersedia untuk diunduh oleh pengguna.


Setelah aplikasi dipublikasikan, Anda dapat terus memperbarui dan mengelola aplikasi melalui Google Play Console untuk memastikan kualitas dan kinerjanya.


Biaya yang harus Anda keluarkan adalah biaya pendaftaran satu kali sebesar $25 untuk membuat Akun Google Developer, yang memungkinkan Anda mengirimkan aplikasi ke Google Play Store. Biaya ini dapat dibayarkan menggunakan kartu debit atau kredit seperti Mastercard, Visa, American Express, dan Discover.

Selain biaya pendaftaran, tidak ada biaya tambahan untuk mengunggah aplikasi ke Google Play Store.

Jadi, secara keseluruhan, biaya utama yang perlu diperhatikan untuk mengunggah aplikasi ke Google Play Store adalah biaya pendaftaran Akun Pengembang Google sebesar $25.

Itulah cara mudah upload aplikasi ke Google PlayStore dan biaya yang harus Anda bayarkan dalam proses melakukan upload aplikasi ke Play Store.


HALAMAN SELANJUTNYA:

Tidak ada komentar