Fenomena Langit Maret 2024 - xwijaya

Tidak menemukan artikel? cari disini



Fenomena Langit Maret 2024

Fenomena Langit Maret 2024

Fenomena langit adalah sekumpulan kejadian yang terjadi di lingkup astronomi kita. Beragam fenomena mulai dari bulan, bintang, hingga matahari yang ada di langit tempat bumi kita berada. Fenomena langit dapat terjadi sepanjang waktu, bahkan di setiap bulan. Terjadinya fenomena langit seringkali diabadikan oleh sebagian besar orang. Hal ini karena fenomena langit tak jarang menyuguhkan keunikan dan keindahan.

Terdapat beberapa fenomena langit yang akan terjadi pada bulan Maret 2024. Adapun beberapa di antaranya adalah kulminasi, bulan baru, ekuinoks, elongasi, bulan purnama, hingga gerhana bulan.


fenomena kulminasi langit
Ilustrasi: bangka.sonora.id
Dikutip dari BMKG, kulminasi atau transit atau istiwa' adalah fenomena ketika Matahari berada di posisi paling tinggi di langit. Pada saat itu, Matahari berada di atas kepala, sehingga bayangan akan bertumpuk dengan benda itu sendiri atau disebut "tanpa bayangan. Posisi Indonesia yang berada di sekitar garis ekuator memungkinkan kulminasi terjadi hampir dua kali dalam setahun.


fenomena bulan baru
Ilustrasi: www.inews.id
Mengutip BMKG, pada 10 Maret pukul 14.05 WIB bulan berada pada posisi terdekat dari Bumi dengan jarak 356.894 km dan 1 jam 55 menit. Pada fase ini, objek redup seperti galaksi dan gugus bintang akan terlihat karena tidak terganggu oleh cahaya bulan.


fenomena ekuinoks
Ilustrasi: sweet-ladybird.blogspot.com
Dikutip dari Badan Riset dan Inovasi Nasional, ekuinoks adalah fenomena ketika Matahari akan bersinar tepat di garis khatulistiwa. Peristiwa ini menyebabkan jumlah siang dan malam hampir sama di seluruh dunia.


fenomena elongasi merkurius
Ilustrasi: batam.tribunnews.com
Dijelaskan dalam laman seasky.org, Merkurius mengalami fase elongasi yakni berada pada titik tertinggi di atas cakrawala pada langit malam. Planet Merkurius mencapai elongasi timur sebesar 18,7 derajat dari Matahari.


fenomena bulan purnama
Ilustrasi: techno.okezone.com
Bulan purnama merupakan fenomena ketika bulan terlihat sangat utuh bersinar. Seluruh pantulan Bulan dari sinar Matahari akan terlihat jelas dari Bumi di malam hari. Beberapa daerah menyebut bulan purnama sebagai momen yang sakral, seperti perayaan suatu ritual tertentu. Bahkan fenomena bulan purnama dituangkan dalam sebuah tembang dolanan "Padhang Bulan" yang bermakna suka ria ketika bulan purnama berlangsung.


fenomena gerhana bulan penumbra
Ilustrasi: jurnal123.com
Mengutip seasky.org, gerhana bulan penumbra terjadi pada waktu Bulan melewati bayangan sebagian bumi yang dinamakan penumbra. Selama fenomena ini berlangsung, Bulan menjadi separuh gelap.

Itulah beberapa fenomena langit bulan Maret 2024, jangan ketinggalan, Dab!


HALAMAN SELANJUTNYA:

Tidak ada komentar