Mengapa Mata Kedutan Sebelah Kanan? - xwijaya

Tidak menemukan artikel? cari disini



Mengapa Mata Kedutan Sebelah Kanan?

Mengapa Mata Kedutan Sebelah Kanan?

Mata kedutan sebelah kanan terjadi ketika otot di kelopak mata mengalami kontraksi berulang secara tiba-tiba dan tak terkontrol. Kondisi ini biasanya dapat hilang sendiri dan hanya berlangsung sesekali selama beberapa detik, atau tidak lebih dari 2 menit.

Jika terjadi sesekali, mata kedutan sebelah kanan biasanya disebabkan oleh kondisi yang tidak berbahaya dan bisa diatasi dengan perubahan pola hidup menjadi lebih sehat. Beberapa penyebab tersebut adalah kurang tidur, mata kering, iritasi, stres, kebiasaan merokok, serta konsumsi kafein dan alkohol secara berlebihan.

Namun, mata kedutan sebelah kanan terkadang juga dapat menjadi tanda dari suatu kondisi kesehatan yang lebih serius.


Mata kedutan sebelah kanan bisa menjadi gejala adanya gangguan pada saraf yang mengatur gerak kelopak mata atau otot sekitar mata. Beberapa kondisi medis yang dapat menyebabkan blefarospasme atau mata kedutan sebelah kanan adalah:

  1. Hemifacial spasm
    Hemifacial spasm merupakan kondisi yang membuat otot di salah satu sisi wajah menjadi kejang, termasuk mata kedutan sebelah kanan. Kondisi ini disebabkan oleh gangguan pada saraf kranial yang disebabkan oleh pembengkakan pembuluh darah yang menekan saraf wajah.
  2. Bell's palsy
    Bell's palsy merupakan kelainan saraf lainnya yang dapat menyebabkan mata kedutan sebelah kanan. Kondisi ini biasa diawali oleh infeksi virus, termasuk flu atau pilek, yang kemudian menyebabkan kelumpuhan saraf yang mengontrol otot di salah satu sisi wajah.
  3. Dystonia
    Penyebab mata kedutan sebelah kanan lainnya adalah dystonia. Kondisi ini ditandai dengan tidak terkontrolnya pergerakan pada otot tertentu, termasuk mata, secara berulang yang terkadang menimbulkan nyeri.
  4. Penyakit Parkinson
    Penyakit Parkinson merupakan kondisi yang menyebabkan penurunan fungsi otak seiring bertambahnya usia. Penderitanya akan mengalami mata kedutan sebelah kanan, pergerakan yang lebih lambat, tremor, dan gangguan keseimbangan.
  5. Sindrom Tourette
    Mata kedutan sebelah kanan juga bisa disebabkan oleh sindrom Tourette. Sindrom ini merupakan gangguan pada sistem saraf dan otak yang menyebabkan penderitanya membuat gerakan tiba-tiba yang berulang serta tidak terkontrol.
  6. Multiple sclerosis
    Mata kedutan sebalah kanan juga bisa disebabkan oleh penyakit autoimun, seperti multiple sclerosis, di mana sistem kekebalan tubuh menyerang dirinya sendiri.
  7. Myasthenia gravis
    Penyakit autoimun lainnya yang dapat menyebabkan mata kedutan sebelah kanan adalah myasthenia gravis. Penyakit ini terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menghasilkan antibodi yang memblokir dan menghancurkan jaringan yang menghubungkan sel saraf dan otot.

Untuk meringankan keluhan mata kedutan sebelah kanan, Anda bisa mencoba melakukan beberapa perubahan pola hidup yang sederhana, seperti cukup waktu istirahat, menghindari minuman berkafein dan minuman beralkohol, tidak merokok, menjaga kelembapan mata dengan obat tetes mata, melakukan kompres hangat pada mata kedutan sebelah kanan, dan istirahatkan mata dengan melihat objek berjarak 6 meter selama 20 detik setiap 20 menit sekali.

Namun, bila mata kedutan sebelah kanan disebabkan oleh kondisi kesehatan tertentu, atau jika mata kedutan sebelah kanan yang Anda derita tidak kunjung membaik setelah menerapkan beberapa tips di atas, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut yang sesuai.


HALAMAN SELANJUTNYA:

Tidak ada komentar