Menghitung Kebutuhan Kalori per Hari untuk Menjaga Berat Badan Ideal - xwijaya

Tidak menemukan artikel? cari disini



Menghitung Kebutuhan Kalori per Hari untuk Menjaga Berat Badan Ideal

Menghitung Kebutuhan Kalori per Hari untuk Menjaga Berat Badan Ideal
Ilustrasi: harianpost.my

Kebutuhan kalori per hari penting untuk diketahui agar kita bisa menjaga berat badan ideal. Namun, kebutuhan kalori tiap orang berbeda-beda, tergantung pada usia, jenis kelamin, tinggi badan dan berat badan, serta aktivitas fisik yang dilakukan.



perhitungan kalori
Ilustrasi: www.rezfoods.com

Rata-rata pria dewasa membutuhkan sekitar 2.500 kalori sehari, sementara wanita dewasa biasanya butuh sekitar 2.000 kalori. Namun, ingat bahwa sebenarnya kebutuhan kalori per hari tiap orang tetap berbeda-beda. Jadi, Anda disarankan untuk menghitung kebutuhan kalori per hari Anda sendiri, ya.



Jumlah kebutuhan kalori per hari didapatkan dengan menggunakan kalkulator kalori yang dilakukan melalui perhitungan BMR dan tingkat aktivitas harian seseorang. Rumus yang paling banyak digunakan oleh ahli gizi untuk menghitung BMR adalah Rumus Harris-Benedict. Rumus ini dihitung berdasarkan usia, jenis kelamin, berat badan, dan tinggi badan.



makanan sehat
Ilustrasi: meramuda.com

Jika Anda ingin menurunkan berat badan dengan cara yang sehat, Anda perlu membakar lebih banyak kalori daripada yang Anda konsumsi. Anda bisa menyiasatinya dengan makan makanan berkalori rendah dan meningkatkan intensitas olahraga.



Jika saat ini Anda merasa perlu untuk menurunkan atau menaikkan berat badan, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai jumlah kalori yang Anda butuhkan dan cara yang tepat untuk mencapainya.



HALAMAN SELANJUTNYA:

Tidak ada komentar