Rekomendasi Jumlah Asupan Protein Harian - xwijaya

Tidak menemukan artikel? cari disini



Rekomendasi Jumlah Asupan Protein Harian

Rekomendasi Jumlah Asupan Protein Harian
Ilustrasi: www.youtube.com

Protein merupakan nutrisi penting yang berperan dalam proses pembentukan dan perbaikan sel serta jaringan tubuh. Jaringan tulang, otot, dan kulit, serta berbagai organ tubuh sebagian besar terbuat dari asam amino, yaitu zat hasil metabolisme protein. Selain menyusun jaringan dan sel tubuh, protein juga berperan dalam produksi enzim dan berbagai hormon dalam tubuh, misalnya hormon pertumbuhan. Oleh karena itu, tubuh membutuhkan asupan protein dalam jumlah besar.


kelebihan <a href='/search/label/protein/?&max-results=7'>protein</a> dalam tubuh
Ilustrasi: gayasehatku.com

Anda juga tidak disarankan untuk mengonsumsi protein secara berlebihan karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Asupan protein yang terlalu tinggi diduga dapat memengaruhi proses metabolisme dan memperberat kerja ginjal.


Jumlah asupan protein harian perlu dipenuhi agar tubuh tetap sehat. Namun, asupan protein harian yang disarankan berbeda-beda pada setiap orang, tergantung usia dan jenis kelamin.


Berikut ini adalah rekomendasi asupan protein harian menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia tahun 2019:

  • Anak-anak usia 1–6 tahun: 20–25 gram
  • Anak-anak usia 7–9 tahun: 35–40 gram
  • Remaja: 60–75 gram
  • Orang dewasa: 50–70 gram
  • Wanita hamil dan menyusui: 70–85 gram

penumpukan keton dan bau mulut
Ilustrasi: www.yesdok.com

Meski kekurangan protein tidak baik bagi tubuh, kelebihan protein juga bisa berpotensi menimbulkan masalah kesehatan. Beberapa dampak kelebihan protein dalam tubuh antara lain:

  1. Penumpukan keton dan bau mulut
  2. Peningkatan berat badan
  3. Kerusakan ginjal
  4. Peningkatan risiko penyakit kardiovaskular
  5. Kehilangan kalsium

Bukan hanya jumlah protein saja, namun sumber protein yang dikonsumsi juga perlu diperhatikan. Para ahli menyarankan untuk memilih asupan protein dari beberapa sumber, baik sumber hewani seperti ikan, maupun sumber protein nabati seperti kacang dan biji-bijian.


Agar jumlah asupan protein Anda cukup, tidak kurang maupun berlebihan, jalanilah pola makan sehat dan bergizi seimbang. Namun, jika Anda memiliki penyakit tertentu, konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui jumlah asupan protein yang sesuai dengan kondisi Anda.


HALAMAN SELANJUTNYA:

Tidak ada komentar