Wow! Begini Cara Menjaga Berat Badan yang Sehat pada Anak-anak - xwijaya

Tidak menemukan artikel? cari disini



Wow! Begini Cara Menjaga Berat Badan yang Sehat pada Anak-anak

Wow! Begini Cara Menjaga Berat Badan yang Sehat pada Anak-anak
Illustration: www.halodoc.com

Obesitas merupakan salah satu faktor risiko utama untuk berbagai penyakit kronis, termasuk diabetes, penyakit kardiovaskular, hipertensi, stroke, dan beberapa jenis kanker. Pada tahun 2022, WHO mencatat bahwa 1 dari 8 orang di dunia hidup dengan obesitas, dengan jumlah obesitas pada anak meningkat lebih besar daripada obesitas pada dewasa.



Gambar anak makan makanan sehat
Illustration: gambarfood.blogspot.com

Penting untuk mengadopsi kebiasaan pola makan sehat dan gaya hidup aktif yang berkelanjutan dalam jangka panjang untuk mengatasi krisis obesitas pada anak-anak. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan:



Prioritaskan kebiasaan harian mengikuti pola makan sehat dan tetap aktif, serta mempertahankan praktik ini sepanjang hidup Anda.



Merayakan setiap pencapaian, baik itu mencapai menit aktivitas mingguan, lebih banyak memasak makanan di rumah, atau tetap dalam batas kalori harian Anda, karena ini memungkinkan Anda melihat sejauh mana Anda telah berusaha.



Gambar makanan sehat yang menghindari diet fad
Illustration: cermin-dunia.github.io

Menjauhi diet fad yang dapat menghilangkan makanan sehat atau kelompok makanan yang dapat mengakibatkan defisiensi nutrisi atau meningkatkan risiko kehilangan massa otot, bukan kehilangan lemak tubuh.



Konsumsi cukup protein dapat membantu mengontrol rasa lapar, mendukung pertumbuhan dan perbaikan otot, serta menjaga massa tubuh ramping saat Anda kehilangan lemak tubuh.



Gambar camilan sehat untuk anak-anak
Illustration: cakrawalasehat.blogspot.com

Pilih camilan yang kaya nutrisi, kaya protein, dan dapat membantu Anda tidak merasa lapar hingga jam makan berikutnya, seperti yogurt dengan buah, hummus dengan baby wortel, atau telur rebus dengan beberapa cracker gandum utuh.



Fokuslah pada berbagai makanan sehat dalam pola makan harian Anda, seperti protein tanpa lemak, buah-buahan dan sayuran berwarna-warni, biji-bijian utuh, kacang-kacangan, dan jumlah kecil lemak sehat dari makanan seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan alpukat.



Bergerak aktif setidaknya 30 menit beraktivitas sedang setiap hari dapat membuat perbedaan, seperti memilih naik tangga daripada lift atau turun dari bus beberapa halte sebelum tujuan Anda dan melanjutkan dengan berjalan kaki.



Gambar persiapan makanan sehat
Illustration: www.alodokter.com

Merencanakan makanan terlebih dahulu akan membantu menentukan bahan apa yang perlu Anda beli dan membantu menyiapkan kulkas dan lemari dengan makanan sehat. Selain itu, menyiapkan makanan dan menyimpannya di kulkas atau freezer dapat membantu mencegah Anda memilih makanan cepat saji atau pesan antar.



Gunakan piring, gelas, peralatan makan, dan sendok saji yang lebih kecil untuk mengurangi porsi makan. Taruh porsi makan di atas piring atau mangkuk, daripada makan langsung dari kemasan besar atau wadah penyimpanan.



Membaca label nutrisi memberikan informasi tentang kalori, kandungan nutrisi, dan ukuran porsi dari makanan yang dikonsumsi. Hal ini sangat penting ketika sedang menjaga berat badan.



Sarapan yang seimbang membantu mengontrol berat badan, meningkatkan konsentrasi, dan menjaga fokus pada aktivitas. Sarapan harus mencakup keseimbangan protein, karbohidrat, dan lemak. Jika waktu sarapan terbatas, pertimbangkan untuk membuat smoothie sehat daripada mengandalkan makanan cepat saji atau bahkan melewatkan sarapan.





Tidak ada komentar