Wow! Jokowi Resmikan Pabrik Minyak Makan Merah Pertama di Indonesia - xwijaya

Tidak menemukan artikel? cari disini



Wow! Jokowi Resmikan Pabrik Minyak Makan Merah Pertama di Indonesia

Wow! Jokowi Resmikan Pabrik Minyak Makan Merah Pertama di Indonesia
Illustration: panennews.com

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan Pabrik Minyak Makan Merah di Deli Serdang, Sumatera Utara. Pembangunan Pabrik Minyak Makan Merah ini merupakan yang pertama dan diharapkan dapat memberi nilai tambah yang baik bagi petani sawit.




Jokowi mengaku senang dengan adanya Pabrik Minyak Makan Merah. Sebab, harga jualnya lebih murah dari minyak goreng pasaran dan memiliki kandungan nutrisi lengkap. Jokowi berharap masyarakat turut menggunakan produk minyak makan merah tersebut.



Minyak Makan Merah adalah minyak yang diperoleh dari rafinasi tanpa pemucatan (bleaching) dan deodorisasi, dan melalui fraksinasi minyak kelapa sawit mentah (crude palm oil atau CPO) yang digunakan sebagai minyak goreng, bahan baku pangan, ditambahkan pada pangan, dikonsumsi langsung sebagai tambahan asupan zat gizi, atau sebagai fortifikan minyak goreng sawit dan bahan baku nutrasetikal.



Minyak Makan Merah yang Kaya Akan Fitonutrien
Illustration: www.suarasurabaya.net

Menurut Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS), minyak makan merah masih mempertahankan kandungan senyawa fitonutrien, seperti karoten sebagai sumber vitamin A, tokoferol dan tokotrienol sebagai vitamin E, dan squalene. Kandungan ini membuat minyak makan merah berpotensi sebagai pangan fungsional dan dapat membantu mencegah stunting pada anak-anak.



Minyak makan merah memiliki asam oleat dan asam linoleat yang berfungsi untuk pembentukan dan perkembangan otak, transportasi dan metabolisme pada anak. Selain itu, minyak makan merah juga dapat digunakan untuk menumis bahan pangan, salad dressing, bahan baku margarine, dan shortening.





Tidak ada komentar