Apa penyebab rambut rontok? - xwijaya

Tidak menemukan artikel? cari disini



Apa penyebab rambut rontok?

Apa penyebab rambut rontok
Illustration: health.tribunnews.com

Faktor genetik


Rambut rontok dapat terjadi karena adanya faktor genetik atau faktor keturunan. Mungkin Anda pernah melihat seseorang yang masih muda sudah mulai mengalami penipisan rambut. Hal ini biasanya terjadi karena orangtuanya juga memiliki rambut yang tipis. Kondisi ini biasanya disebut dengan Alopecia androgentik, yaitu kerontokan rambut yang tentukan secara genetik, berpola, dan progresif dari kulit kepala.


Perubahan hormon


Terjadinya perubahan hormon menjadi salah satu penyebab terjadinya rambut rontok. Kondisi ini sering terjadi pada ibu hamil, wanita menopause, dan wanita yang mengalami gangguan hormon seperti kista ovarium.


Faktor obat-obatan


Selanjutnya, terjadinya rambut rontok juga dapat disebabkan karena konsumsi obat-obatan tertentu. Menurut dr. Yogi, pada beberapa jenis obat seperti kemoterapi, penggunaan obat-obatan hipertensi juga bisa menyebabkan kerontokan.


Stres fisik


Stres fisik tidak hanya berpengaruh pada kesehatan mental saja, namun juga dapat berpengaruh pada kesehatan rambut. Stres fisik dapat menyebabkan terjadinya rambut rontok pada beberapa orang.


Defisiensi nutrisi


Defisiensi nutrisi atau malnutrisi ialah kondisi ketika tubuh tidak mendapatkan nutrisi yang cukup dari makanan yang dikonsumsi. Kekurangan nutrisi tidak hanya berpengaruh pada berat badan, namun juga dapat berpengaruh pada kesehatan rambut.


Faktor usia


Rambut rontok kerap dijumpai pada lansia dan hal ini terjadi akibat bertambahnya usia. Semakin bertambahnya umur, rambut akan mulai menipis dan mulai mengalami kerontokan.


Penggunaan bahan kimia


Selanjutnya, faktor penyebab rambut rontok juga dapat berasal dari penggunaan bahan-bahan kimia. "Penggunaan zat tertentu, seperti pewarna atau bleaching itu juga bisa mengganggu atau membuat rambut jadi rontok," terang dr. Yogi.


Polusi


Tanpa disadari, terlalu banyak terpapar polusi juga dapat menyebabkan seseorang mengalami kerontokan rambut. Jika Anda hendak beraktivitas di luar ruangan, ada baiknya menggunakan pelindung rambut seperti topi.


Gangguan kulit kepala


Beberapa gangguan kepala dapat menyebabkan rambut rontok, seperti eksim, ketombe yang sudah parah, dan infeksi jamur. Jika Anda mengalami gangguan kelapa, ada baiknya segera berkonsultasi dengan dokter untuk mencegah terjadinya kerontokan rambut.




Tidak ada komentar