April Mop: Mengenal Hari Penuh Lelucon dan Tipuan yang Bercanda - xwijaya

Tidak menemukan artikel? cari disini



April Mop: Mengenal Hari Penuh Lelucon dan Tipuan yang Bercanda

April Mop Mengenal Hari Penuh Lelucon dan Tipuan yang Bercanda
Illustration: bogor.tribunnews.com

April Mop atau April Fools Day adalah hari yang menjadi ajang bagi orang-orang di seluruh dunia untuk bermain lelucon. Hari ini dirayakan setiap tanggal 1 April. Nama "April Mop" berasal dari tradisi melemparkan lelucon praktis pada hari ini.



April Mop memiliki kemiripan dengan festival-festival seperti Hilaria di Roma kuno yang diadakan pada tanggal 25 Maret dan perayaan Holi di India yang berakhir pada tanggal 31 Maret. Beberapa ahli juga berpendapat bahwa April Mop terkait dengan ekuinoks musim semi yang jatuh pada tanggal 21 Maret. Pada saat ekuinoks, beberapa negara mengalami perubahan cuaca yang drastis, sehingga orang-orang mudah tertipu oleh perubahan ini.



Setiap negara memiliki cara sendiri dalam merayakan April Mop. Di Prancis, mereka memiliki sebutan khusus untuk orang-orang yang tertipu, yaitu "poisson d'avril" atau "ikan April". Hal ini mengacu pada ikan muda yang mudah ditangkap. Di Skotlandia, April Mop dikenal dengan sebutan "Hari Gowkie", yang merupakan simbol orang bodoh dan tidak setia.



Seiring berjalannya waktu, tipuan April Mop menjadi semakin rumit. Beberapa media seperti surat kabar, stasiun radio, televisi, dan situs web ikut berpartisipasi dalam merayakan April Mop. Pada tahun 1957, BBC melaporkan bahwa petani Swiss berhasil panen spageti dan bahkan memperlihatkan rekaman orang memanen mi dari pohon. Pada tahun 1985, penulis Sports Illustrated George Plimpton menipu banyak pembaca dengan artikel palsu tentang pelempar pemula bernama Sidd Finch yang mampu melempar bola dengan kecepatan lebih dari 168 mil per jam.



Jadi, April Mop adalah satu hari dalam setahun di mana orang-orang di seluruh dunia bermain lelucon dan tipuan. Tradisi ini memiliki berbagai asal usul dan cara perayaan di setiap negara. Tipuan April Mop juga semakin rumit seiring berjalannya waktu, dengan media ikut berpartisipasi dalam menciptakan berita palsu yang menipu pembaca. Selamat bermain lelucon pada April Mop!




Tidak ada komentar