MRT Jakarta Fase 3 Cikarang-Balaraja Siap Beroperasi - xwijaya

Tidak menemukan artikel? cari disini



MRT Jakarta Fase 3 Cikarang-Balaraja Siap Beroperasi

MRT Jakarta Fase 3 CikarangBalaraja Siap Beroperasi
Illustration: cnbcindonesia.com

Pembangunan MRT Jakarta Fase 3 Cikarang-Balaraja

Rencana pembangunan MRT Jakarta Fase 3 Cikarang-Balaraja akan terus berlanjut. Jalur transportasi ini direncanakan membentang sejauh 84,1 Km dari Timur menuju Barat. Sejak diumumkan pada 21 Februari 2023, proyek ini telah mendapatkan pendanaan untuk batch 1 stage 1 dari JICA co-finnancing dan ADB. Batch 1 stage 1 membentang dari Medan Satria sampai ke Tomang sepanjang 24,5 Km.

Prioritaskan Pembangunan Batch 1 Stage 1

MRT Jakarta akan memprioritaskan pembangunan proyek Fase 3 batch 1 stage 1 terlebih dahulu, yakni dari Medan Satria sampai ke Tomang. Setelah itu, batch 1 stage 2 Tomang ke Kembangan akan dilanjutkan. Dalam melaporkan progres pembangunan MRT Jakarta Fase 2A, dari Bundaran HI sampai Kota per 25 Maret 2024 sudah mencapai angka 33,36%. Proyek ini diharapkan dapat beroperasi pada tahun 2027.

Progres Pembangunan MRT Jakarta Fase 2A

  • Stasiun Thamrin dan Monas: 74%
  • Stasiun Harmoni, Sawah Besar, dan Mangga Besar: 28%
  • Stasiun Glodok-Kota: 50%
  • Paket kontrak CP 206 rolling stock (ratangga) sedang dalam proses penyusunan proposal dan kualifikasi calon pemenang. Sementara itu, paket kontrak CP 207 mengenai sistem tiket juga sedang dalam proses penyusunan dokumen tender. Diperkirakan, rute Bundaran HI-Kota akan tersambung penuh dan bisa mulai beroperasi pada 2029 mendatang.


    Tidak ada komentar