Pengisian Daya Nirkabel dengan NFC di Android 15 - xwijaya

Tidak menemukan artikel? cari disini



Pengisian Daya Nirkabel dengan NFC di Android 15

Pengisian Daya Nirkabel dengan NFC di Android 15
Illustration: techno.id

Pengisian Daya Nirkabel Melalui NFC


Pengisian daya nirkabel telah menjadi fitur tambahan selama lebih dari satu dekade. Biasanya fitur ini hanya terdapat pada ponsel cerdas kelas flagship. Namun, kabarnya Google melalui Android 15 menawarkan alasan tambahan kepada pembuat ponsel untuk mengadopsi pengisian daya nirkabel bahkan tanpa perangkat keras khusus.


Teknologi NFC untuk Pengisian Daya Nirkabel


Alih-alih mengandalkan kumparan pengisi daya khusus, Android 15 dapat mengaktifkan pengisian daya nirkabel pada ponsel dengan teknologi Near Field Communications (NFC). Teknologi pengisian daya nirkabel melalui NFC atau biasa disebut WLC, bukanlah teknologi baru yang dikembangkan oleh Google. Standar ini diumumkan pada Mei 2020 oleh Forum NFC, badan industri yang menetapkan dan mempertahankan standar untuk protokol tersebut.


Keuntungan Pengisian Daya Nirkabel melalui NFC


Dibandingkan dengan bantalan pengisi daya nirkabel, tag NFC membutuhkan lebih sedikit ruang dan tetap dapat dibaca meskipun tertekuk atau rusak. Teknologi ini telah digunakan untuk mengirimkan energi ke perangkat berdaya rendah seperti stylus dan telah disesuaikan untuk mengisi daya perangkat yang dapat dikenakan seperti screenless Whoop fitness band. Selain itu, teknologi ini juga memungkinkan pengisian daya tanpa memaksakan orientasi khusus pada bantalan pengisi daya.

Batasan Kecepatan Pengisian Daya Nirkabel melalui <a href='/search/label/NFC/?&max-results=7'>NFC</a>

Batasan Kecepatan Pengisian Daya


Meskipun prinsipnya menarik dan inklusif untuk perangkat Android dalam kisaran harga tertentu, pengisian daya nirkabel melalui NFC memiliki batasannya. Sesuai standar WLC 2.0, kecepatan pengisian dibatasi hingga maksimum 3 watt, dibandingkan dengan kecepatan pengisian puncak 15W pada perangkat yang mendukung Qi 2.0 pada sebagian besar ponsel.


Penggunaan Teknologi NFC pada Perangkat Lain


Karena batasan kecepatan pengisian, Google mungkin tidak akan menerapkan teknologi pengisian daya nirkabel melalui NFC untuk mengisi daya ponsel. Namun, teknologi ini bisa menjadi sempurna untuk gadget yang lebih kecil seperti kotak earbud atau smart tag. Dengan demikian, ponsel Android bisa berbagi daya dengan perangkat yang lebih kecil.


Google dan Pengisian Daya Nirkabel melalui NFC


Diduga Google menggunakan teknologi pengisian daya nirkabel melalui NFC untuk mengisi daya stylus yang terpasang di dalam atau didukung perangkat lipat generasi berikutnya, yang diklaim sebagai Pixel 9 Pro Fold. Namun, masih belum pasti apakah Google akan mengimplementasikan fitur tersebut untuk Android 15 atau bahkan Android 16. Kita tunggu saja.


source : techno.id


Tidak ada komentar