Perubahan Iklim di Spanyol Memicu Kecoa Bermutasi dan Menjadi Masalah Kesehatan Masyarakat - xwijaya

Tidak menemukan artikel? cari disini



Perubahan Iklim di Spanyol Memicu Kecoa Bermutasi dan Menjadi Masalah Kesehatan Masyarakat

Perubahan Iklim di Spanyol Memicu Kecoa Bermutasi dan Menjadi Masalah Kesehatan Masyarakat
Illustration: lestari.kompas.com

Peningkatan Gangguan Kecoa


Di Spanyol, perubahan iklim dapat menyebabkan kecoak bermutasi dan memicu peningkatan jumlah serangga tersebut. Sejak awal tahun hingga April ini, pihak berwenang Spanyol mencatat peningkatan gangguan kecoak yang dilaporkan warga, naik 33 persen dibandingkan 2023. Para ahli mengatakan, rekor suhu panas yang terjadi belakangan ini memicu meningkatnya jumlah kecoak dan bermutasi.


Pengaruh Suhu Panas


Panas yang meningkat menyebabkan siklus metabolisme hama tersebut menjadi semakin cepat. Selain itu, suhu yang lebih panas dari rata-rata membuat musim kawin kecoak semakin lama. Ketahanan genetik mereka terhadap obat insektisida konvensional semakin meningkat.


Masalah Kesehatan Masyarakat


Meningkatnya suhu hingga meningkatnya jumlah kecoak muaranya terkait dengan masalah kesehatan masyarakat yang lebih luas dan serius. Para ahli khawatir perubahan genetik ini mempersulit pengendalian populasi kecoak secara efektif. Direktur Asosiasi Perusahaan Kesehatan Lingkungan Nasional atau ANECPLA Jorge Galvan mengatakan bahwa para pengendali hama telah berusaha melawan masalah yang semakin meningkat ini dengan menggunakan metode yang tidak terlalu invasif dan lebih berkelanjutan.


Perubahan Metode Pengendalian


Mereka mulai menggunakan metode seperti praktik sanitasi yang lebih baik hingga perangkap mekanis. Dalam beberapa tahun terakhir, Spanyol telah beralih secara bertahap dari iklim subtropis ke tropis. Kondisi tersebut menyebabkan periode aktif hama seperti kecoak menjadi lebih lama. Selama beberapa dekade, pengendalian kecoak di Spanyol dilakukan dengan berbagai metode, termasuk penggunaan umpan yang mengandung insektisida. Namun, jenis-jenis kecoak yang ada saat ini semakin kebal terhadap beberapa macam insektisida, yang berarti semakin banyak kecoak yang dapat bertahan hidup dan lebih lama.


Masalah Kesehatan Masyarakat yang Semakin Mengkhawatirkan


Kecoak cenderung keluar dari hibernasinya saat musim semi mendekat. Dan kini, seiring dengan memanasnya suhu Bumi, perkembangbiakan hama tersebut di Spanyol yang tidak biasa menjadi masalah kesehatan masyarakat yang semakin mengkhawatirkan.




Tidak ada komentar