Prajogo Pangestu Gantikan Hartono Bersaudara sebagai Orang Terkaya di Indonesia - xwijaya

Tidak menemukan artikel? cari disini



Prajogo Pangestu Gantikan Hartono Bersaudara sebagai Orang Terkaya di Indonesia

Prajogo Pangestu Gantikan Hartono Bersaudara sebagai Orang Terkaya di Indonesia
Illustration: bisnis.tempo.co

Prajogo Pangestu Menggantikan Hartono Bersaudara

Setelah lima tahun menduduki peringkat pertama sebagai orang terkaya di Indonesia, Hartono Bersaudara akhirnya terdepak tahun ini. Robert Budi Hartono dan Michael Bambang Hartono saat ini berada di peringkat ketiga dan keempat dalam daftar Forbes 2024. Posisi wahid orang terkaya di Indonesia kini diduduki oleh Prajogo Pangestu, raja petrokimia dan energi. Harta Prajogo melambung tujuh kali lipat dari 5,3 miliar dolar AS pada 2023 menjadi 43,4 miliar dolar AS. Sedangkan posisi kedua ditempati oleh Low Tuck Kwong, raja batu bara dengan kekayaan 27,4 miliar dolar AS.

Jejak Hartono Bersaudara

  • 2024: Pemilik Djarum Djarum, R Budi Hartono dan Michael Hartono, terdepak ke posisi ketiga dan keempat setelah lama bercokol sebagai orang terkaya di Indonesia selama sepuluh tahun terakhir. Masing-masing memiliki kekayaan 26,5 miliar dolar AS dan 25,5 miliar dolar AS.
  • 2023: Hingga Desember 2023, Hartono Bersaudara masih mempertahankan posisi orang terkaya nomor satu di Indonesia dengan kekayaan 48 miliar dolar AS, naik 300 juta dolar AS dari tahun sebelumnya.
  • 2022: Hartono Bersaudara menjadi orang terkaya di Indonesia pada 2022 versi Forbes dengan kekayaan mencapai 47,7 miliar dolar AS.
  • 2021: Posisi teratas dari daftar orang terkaya di Indonesia ditempati oleh Hartono Bersaudara. Robert Hartono memiliki kekayaan 20,5 miliar dolar AS, sedangkan Michael Hartono mengantongi kekayaan 19,7 miliar dolar AS.
  • 2020: Duo Hartono masih mempertahankan posisinya sebagai orang terkaya di Indonesia dengan total kekayaan sebesar 38,8 miliar dolar AS.
  • 2019: Hartono Bersaudara menjadi orang terkaya di Indonesia dengan total kekayaan mencapai 37,3 miliar dolar AS.

  • Tidak ada komentar