Wilayah Blankspot Internet Masih Banyak di Blora - xwijaya

Tidak menemukan artikel? cari disini



Wilayah Blankspot Internet Masih Banyak di Blora

Wilayah Blankspot Internet Masih Banyak di Blora
Illustration: radarbojonegoro.jawapos.com

Wilayah Blankspot Internet di Blora

Wilayah blankspot internet masih banyak, terutama di daerah pelosok. Dinkominfo Blora pernah mendata, terdapat 28 desa tak ada jaringan internet. Fiber optik tidak dapat masuk, disebabkan akses dan infrastruktur masih minim.

Desa Kepoh, Kecamatan Jati

Sebagai contoh, di Desa Kepoh, Kecamatan Jati, akses ke desa cukup sulit dan infrastruktur jalan belum memadai. Jaringan internet membutuhkan fiber optik dari penyedia jasa internet. Namun, saat pemerintah dan pihak ketiga ingin memasang fiber optik di desa pelosok, sarana dan prasarana yang memadai harus dipertimbangkan. Hal ini membutuhkan tenaga ekstra dan modal yang cukup banyak.

Kendala dalam Memasang Jaringan Internet

Mendirikan BTS (base transceiver station) atau perangkat stasiun pemancar di desa pelosok membutuhkan biaya yang cukup banyak. Namun, anggaran pemkab tidak memungkinkan untuk itu. Selain itu, Desa Singonegoro, Kecamatan Jiken menjadi satu-satunya desa di Blora yang diprioritaskan mendapatkan bantuan internet dari provinsi tahun ini, karena desa tersebut memiliki potensi wisata. Kerja sama dengan DPMD juga dilakukan dalam memberikan bantuan internet kepada desa tersebut.


Tidak ada komentar