Wow! Fitur-Fitur Jarang Digunakan di ChatGPT yang Harus Kamu Tahu - xwijaya

Tidak menemukan artikel? cari disini



Wow! Fitur-Fitur Jarang Digunakan di ChatGPT yang Harus Kamu Tahu

Wow FiturFitur Jarang Digunakan di ChatGPT yang Harus Kamu Tahu
Illustration: idntimes.com

Bagikan dan ekspor obrolan


  • Bagikan dan ekspor obrolan
  • ChatGPT adalah chatbot AI paling populer sejauh ini. Namun, banyak orang tidak tahu bahwa ChatGPT memiliki fitur bagikan dan ekspor obrolan yang sangat berguna. Jika kamu ingin menyimpan percakapan ChatGPT secara lokal atau membaginya dengan orang lain, kamu bisa melakukannya dengan mudah. Cukup klik ikon panah di kanan atas halaman obrolan untuk membagikan obrolan kepada orang lain. Kamu juga dapat mengekspor data obrolan dengan mengklik nama akun di liri bawah halaman obrolan, lalu buka "Settings & Beta" dan pilih opsi untuk mengekspor data. Ini merupakan fitur yang jarang digunakan, namun sangat berguna untuk menyimpan dan berbagi percakapan ChatGPT.


    Sesuaikan respons


  • Sesuaikan respons
  • ChatGPT memiliki kemampuan untuk memberikan respons yang luar biasa. Namun, terkadang tanggapan yang diberikan tidak sesuai dengan yang diharapkan. Agar lebih memaksimalkan pengalamanmu, kamu bisa menyesuaikan respons ChatGPT. Caranya adalah dengan mengklik nama akunmu di liri bawah layar obrolan, lalu buka "Custom instructions". Di sini, kamu dapat memberikan informasi lebih tentang dirimu dan memberikan petunjuk tentang bagaimana kamu ingin tanggapan disusun dan dirumuskan. Dengan fitur ini, kamu dapat mempersonalisasi tanggapan ChatGPT agar lebih sesuai dengan preferensimu.


    Berkomunikasi dalam berbagai bahasa


  • Berkomunikasi dalam berbagai bahasa
  • Secara default, ChatGPT menggunakan bahasa Inggris. Namun, ChatGPT juga mendukung berbagai bahasa lainnya. Jika kamu ingin membuat percakapan dalam bahasa pilihanmu, kamu bisa meminta ChatGPT untuk merespons dalam bahasa tersebut. Kamu juga bisa mulai mengobrol dengan ChatGPT dalam bahasa pilihanmu, dan chatbot AI ini akan menangkap dan merespons dalam bahasa yang sama. Namun, perlu diingat bahwa jika kamu tidak meminta perubahan bahasa untuk satu obrolan, percakapan berikutnya akan tetap menggunakan bahasa Inggris. Fitur ini sangat berguna untuk berkomunikasi dengan ChatGPT dalam bahasa yang kamu pahami dengan baik.


    Membaca dengan keras


  • Membaca dengan keras
  • Pada bulan Maret 2024, ChatGPT meluncurkan fitur Read Aloud. Fitur ini memungkinkan ChatGPT untuk membacakan tanggapannya kepadamu. Jika kamu sedang mengerjakan teks yang panjang dan ingin mendengar jawabannya diucapkan, fitur ini sangat berguna. Kamu bisa menemukan fitur Read Aloud di dalam ChatGPT versi web maupun aplikasi Android dan iOS. Dengan fitur ini, kamu dapat mendengarkan tanggapan ChatGPT dengan lebih mudah dan praktis.


    ChatGPT Memory dan Temporary Chat


  • ChatGPT Memory dan Temporary Chat
  • ChatGPT memiliki fitur Memory dan Temporary Chat yang diluncurkan bersamaan. Fitur Memory memungkinkan kamu mengatur informasi spesifik tentangmu yang harus selalu diingat oleh ChatGPT. Dengan fitur ini, ChatGPT dapat mengingat preferensimu dan memberikan tanggapan yang lebih akurat dan sesuai. Selain itu, ChatGPT juga memiliki fitur Temporary Chat. Dalam mode Temporary Chat, ChatGPT tidak akan mengingat percakapan atau memori sebelumnya, tetapi akan tetap menggunakan instruksi khusus jika disetel. Fitur ini mirip dengan mode Incognito atau Private di browser. Dengan fitur Memory dan Temporary Chat, ChatGPT menjadi lebih fleksibel dalam menyesuaikan pengalaman obrolanmu.


    Permainan


  • Permainan
  • ChatGPT tidak hanya diperuntukkan untuk penggunaan serius, tetapi juga bisa digunakan untuk bermain permainan. Kamu dapat memainkan beberapa permainan dengan ChatGPT, seperti Tic-Tac-Toe, Algojo, Hangman, dan Twenty Questions. Ini adalah cara yang menyenangkan untuk menguji kemampuan ChatGPT dan menghabiskan waktu. Jadi, jika kamu ingin bersenang-senang dengan ChatGPT, jangan ragu untuk mencoba permainan-permainan yang tersedia.


    Tidak menyimpan penggunaan data obrolan


  • Tidak menyimpan penggunaan data obrolan
  • Jika kamu menginginkan privasi, kamu bisa memilih untuk tidak menyimpan penggunaan data obrolanmu oleh ChatGPT. Caranya adalah dengan mengklik nama profilmu di sudut liri bawah halaman obrolan, lalu buka "Settings & Beta". Selanjutnya, buka bagian "Data controls" dan nonaktifkan pengaturan "Chat history & training". Dengan melakukan ini, data obrolanmu tidak akan digunakan untuk pelatihan ChatGPT di masa mendatang. Fitur ini memberikan opsi privasi yang penting bagi pengguna ChatGPT.


    source : idntimes.com


    Tidak ada komentar