Wow! Voyager 1 Akhirnya Kirim Data ke Bumi Setelah Hilang Kontak - xwijaya

Tidak menemukan artikel? cari disini



Wow! Voyager 1 Akhirnya Kirim Data ke Bumi Setelah Hilang Kontak

Wow Voyager 1 Akhirnya Kirim Data ke Bumi Setelah Hilang Kontak
Illustration: cnbcindonesia.com

Voyager 1 Kembali Mengirim Data ke Bumi


Untuk pertama kalinya sejak November 2023, pesawat ruang angkasa 'Voyager 1' milik NASA akhirnya mengirim data ke Bumi. Pesawat itu sebelumnya hening dan hilang kontak. Adapun data yang diberikan terkait dengan kesehatan dan status sistem engineer pesawat di ruang angkasa, dikutip dari laman resmi NASA, Rabu (24/4/2024).


Voyager 1 dan Voyager 2


Voyager 1 dan kembarannya, Voyager 2, merupakan pesawat ruang angkasa satu-satunya yang mengudara di ruang interstellar, yakni ruang aneh yang terletak di luar Tata Surya di antara bintang-bintang. Voyager 1 hilang kontak ke Bumi sejak 14 November 2023. Kendati demikian, pengontrol dapat mengetahui bahwa pesawat tersebut masih menerima perintah mereka dan beroperasi secara normal.


Masalah Hilang Kontak


Pada Maret lalu, tim engineer Voyager di fasilitas Jet Propulsion Laboratory milik NASA di California mengonfirmasi bahwa masalah hilang kontak itu terkait dengan kendala pada salah satu dari tiga komputer di dalam pesawat. Komputer itu dinamai Flight Data Subsystem (FDS). Fungsinya mengemas data sains dan engineering sebelum dikirimkan ke Bumi. Tim menemukan salah satu chip yang bertanggung jawab untuk menyimpan sebagian memori FDS tak bekerja dengan baik.


Perbaikan dan Pengiriman Data


Setelah mendeteksi masalahnya, tim lalu memutuskan untuk memindahkan kode chip yang bermasalah bagian lain pada FDS. Setelah proses panjang, kini sinyal dan data dari Voyager 1 akhirnya bisa dikirim kembali ke Bumi agar tim peneliti bisa melakukan analisa lebih lanjut terkait ruang interstellar.




Tidak ada komentar